fbpx
October 23, 2015

Mengapa Beberapa Pemimpin gagal Meninggalkan Penerus?

 

Ada dua alasan utama perusahaan yang tidak memiliki penerus kepemimpinan. Yang pertama, sang pemimpin luput menyiapkan penerus. Beberapa orang tidak suka memikirkan akhir kepemimpinan mereka sehingga mereka enggan memikirkannya. Mereka bersikap seolah hidup dan memimpin selamanya. Ujung-ujungnya, mereka meninggal saat masih memangku jabatan pemimpin atau didepak keluar begitu tidak efektif lagi.

Saya pernah mendengar kisah seorang pemimpin yang mendirikan perusahaan dan berkeras untuk tidak menyiapkan rencana suksesi. Ketika pemimpin lain dalam perusahaan itu mendesaknya, ia bersikukuh. Ia mengaku tidak menginginkan siapa pun juga menuai pujian atas semua pencapaiannya. Ia ingin perusahaan itu mati bersamanya. Itu sangat egois.

Ketika perusahaan tidak memiliki penerus, biasanya penyebabnya bukanlah pemimpin yang tidak menginginkan penerus, melainkan karena terjadi salah satu hal berikut ini:

Perusahaan tidak menerima pemimpin yang baru. Kadang gaya berpikir yang kolot terlalu berurat akar dalam perusahaan sehingga mereka tidak mau dipimpin orang baru.

Pemimpin baru tidak menyukai perusahaan. Terkadang pemimpin dan perusahaan kurang sejalan, dan itu baru disadari saat pemimpin baru mengambil alih.

Pemimpin baru tidak cocok dengan budaya perusahaan. Setiap perusahaan memiliki budaya masing-masing. Jika visi dan nilai-nilai pemimpin tidak selaras dengan perusahaan, benturan pasti terjadi.

Pemimpin baru gagal membawa perubahan yang berhasil. Kadang orang yang dipilih untuk menggantikan pemimpin tidak sebaik yang diharapkan. Kegagalan itu tidak terjadi karena kurangnya kemampuan, kapasitas, pengalaman, pengetahuan, atau koneksi.

Orang lama menyabotase upaya pemimpin baru. Setiap kali ada pemimpin dalam perusahaan yang merasa dilangkahi dengan diangkatnya pemimpin baru, mereka bisa saja berusaha menjegal langkah sang pemimpin baru.

Pemimpin lama menyabotase upaya pemimpin baru. Adakalanya pemimpin lama sulit melihat orang lain sukses dalam posisinya dulu

Temukan inspirasi lainnya untuk mengembangkan kepemimpinan Anda melalui buku Good Leader Ask Great Questions karya John C. Maxwell

~ Artikel ini sudah dibaca 35 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!