fbpx
November 20, 2015

Mengapa Bertanya Sangat Penting?

Pernahkah Anda urung bertanya karena merasa pertanyaan itu konyol? Jika iya, bahkan merasa terlalu sering melakukan hal ini,  Anda perlu menyimak tulisan ini hingga habis.

Smart Leaders, ketahuilah bahwa kebiasaan enggan bertanya karena takut terlihat buruk adalah penghambat terbesar Anda dalam meraup pengetahuan yang dibutuhkan. Richard Thalheimer, pendiri Sharper Image, menegaskan, “Lebih baik terlihat bodoh daripada bodoh sungguhan.” Oleh karena itu, kekanglah ego dan tetaplah bertanya, meski pertanyaan itu mungkin membuat kita tampak bodoh.

Selanjutnya, adakah hubungan antara bertanya dengan berupaya mencapai kesuksesan? Bertanya adalah salah satu kunci utama dalam upaya meraih kesuksesan—dalam segala hal. Aktivitas ini menjadi pelatih mental menjadi lebih berani, pencegah kemalasan, dan mesin penarik paling efektif dari kebiasaan yang tidak produktif.

Makin sering Anda bertanya, makin bernilai pertanyaan-pertanyaan itu bagi Anda. Dengan bertanya dan menyimak jawabannya, Anda akan menemukan sudut pandang yang bernilai. Orang-orang yang menyayangi Anda akan memberi bimbingan dan nasihat yang bernilai saat Anda mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengubah drastis hidup Anda. Jika ingin sukses dan meraih potensi, jadikan bertanya sebagai gaya hidup Anda.

Ketika Anda menginginkan jawaban, menemukan sesuatu, merombak status quo, membuat kemajuan, serta menemukan pola pikir yang tepat, ajukanlah pertanyaan. Bertanyalah pada setiap orang yang memang Anda inginkan. Dengan kata lain, jangan pernah lewatkan kesempatan untuk bertanya.

“Masa depan ada di tangan mereka yang selalu ingin tahu. Yang tidak takut mencoba, menjelajah, mengaduk, bertanya, dan menjungkirbalikkan sesuatu.”

 

Temukan Inspirasi lainnya dalam buku Good Leaders Ask Great Questions, karya John C, Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 51 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!