fbpx
March 27, 2018

Menghadapi Patah Semangat dengan Efektif

Smart Leaders, setiap orang pasti pernah merasa patah semangat. Ada saat-saat ketika Anda merasa semua hal yang Anda kerjakan berakhir buruk. Jika Anda membiarkan patah semangat merasuk ke dalam diri Anda, dia dapat mengalahkan Anda luar-dalam dan mencegah Anda mencapai kesuksesan yang Anda dambakan.

John C. Maxwell menyatakan ada dua macam manusia di dunia ini jika berhadapan dengan patah semangat: yang memercik dan memantul. Saat yang memercik mengenai bagian bawah batu, mereka akan memencar dan melekat di bagian bawah batu seperti lem. Sebaliknya, saat yang memantul menyentuh bagian bawah batu, mereka akan mengerahkan segenap tenaga dan memantul.

Pencetus perbedaan antara yang memercik dan memantul adalah sikap yang tepat. Jika Anda yakin pada diri Anda, memandang patah semangat sebagai sesuatu yang sementara, dan menanganinya dengan benar, Anda dapat senantiasa bangkit kembali. Berikut adalah lima langkah yang dapat Anda lakukan agar bisa menghadapi patah semangat secara efektif:

  1. Miliki perspektif yang tepat

Untuk mendapatkan perspektif yang tepat maka Anda harus bisa mencermati keseluruhan gambarnya dari masalah yang Anda hadapi, dan jangan membesar-besarkan masalah yang Anda hadapi. Saat menghadapi patah semangat, Anda dapat memilih di antara dua pilihan, dan pilihan tersebut mewarnai perspektif Anda. Anda bisa menyalahkan orang lain, atau mencermati diri Anda untuk menemukan kesempatan yang Anda punya.

Untuk mendapatkan perspektif yang tepat, Anda bisa mencontoh orang-orang sukses. Cara mereka menghadapi masalah bisa jadi inspirasi Anda memiliki perspektif yang tetap.

  1. Temui orang yang tepat

Tidak ada yang lebih baik dalam membantu kita mengatasi keputusasaan selain menghabiskan waktu bersama orang yang tepat. Ada orang yang menyemangati Anda. Mereka membantu Anda memiliki harapan atau merasa nyaman dengan diri Anda.

  1. Ucapkan kata yang tepat

Sumber utama patah semangat adalah perkataan yang negatif terhadap diri sendiri. Sering kali kita secara pasif membiarkan pesan negatif dari masa lalu kita memengaruhi pemikiran kita dan bukan secara aktif memberi tahu diri kita mengenai hal-hal baik yang dapat membantu kita berpikir lebih positif.

Temukan kata-kata Anda sendiri, dalam bahasa yang cocok untuk Anda, yang akan memotivasi diri Anda secara positif. Tidak ada orang yang bisa memotivasi diri sendiri ke arah positif jika dia terus menggunakan kata-kata negatif.

  1. Milikilah ekspektasi yang tepat

Perjalanan hidup Anda adalah sebuah kisah. Kisah yang Anda tuliskan dalam hidup Anda bisa lebih baik dari kisah yang Anda bayangkan, tetapi Anda harus memiliki ekspektasi yang tepat. Bersikap luweslah, dan jangan berharap segalanya berjalan sempurna.

  1. Ambillah keputusan yang tepat

Pernahkah Anda merasa lelah di penghujung haru? Mungkin karena Anda membuat keputusan yang menghambur-hamburkan energi Anda. keputusan yang Anda buat dan cara Anda melaksanakannya sangat berpengaruh pada pandangan Anda.

Penyesalan dan rasa bersalah hanya akan memperparah patah semangat. Meminta maaf, mengakui kesalahan, memberi maaf, dan menyingkirkan amarah tidak mudah dilakukan. Tapi memutuskan melakukannya saat diperlukan memang berguna.

Smart Leaders, jika Anda dapat memelihara sudut pandang yang baik, dan melakukan lima hal di atas, maka Anda dapat mengatasi patah semangat dan maju melampauinya.

Temukan cara menjadi sang pencetus perubahan dengan membaca buku pengembangan diri berjudul The Differece Maker dari John C. Maxwell.

 

~ Artikel ini sudah dibaca 6 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!