fbpx
December 14, 2016

Menjadi Freelancer Populer? Why Not!!

Hallo Smart Leaders,

Seberapa sering sih Anda mendengarkan pertanyaan semacam, “mengapa memilih menjadi seorang freelancer, bukan menjadi pegawai tetap yang gaji dan tunjangannya sudah terjamin?” Jika ternyata pertanyaan itu sudah sering Anda dengarkan dari rekan atau teman-teman Anda yang berprofesi sebagai karyawan instansi, kini Anda sebagai seorang freelancer waktunya menjawab ūüėÄ

Sebelumnya menjawab pertanyaan tersebut, mari yuk mengulik beberapa hal yang mimin sudah bahas pada Artikel beberapa bulan lalu tentang Freelancer, yaitu Jangan remehkan freelancer! Mereka tak kalah kok dengan pegawai kantoran. Ini bener loh Smart Leaders!! Memang, freelance bekerja tanpa harus pergi ke kantor, tapi di balik itu menjadi freelancer adalah pekerjaan paling menyenangkan dan menguntungkan.

Menjadi¬†feelancer¬†memang membutuhkan kemampuan yang beragam, serta relasi yang kuat. Tidak hanya itu, seorang freelancer juga dituntut menghasilkan karya-karya yang berbeda dari kebanyakan orang. Karena dengan karya mereka, seorang freelancer dapat dikatakan spesial dan memiliki nilai jual lebih. Untuk meningkatkan hal ini, mimin sudah siapkan beberapa tips khusus untuk Smart Leaders. Lakukan 5 tips kerja ini yuk agar pekerjaan Anda sebagai seorang freelancer semakin populer, seperti apa sih tipsnya? Yuk simak bareng-bareng dan jangan sampai kelewatan ūüėÄ

Buat portofolio pekerjaan Smart Leaders secara online

Curricullum vitae via ben-jobs.blogspot.com

Portofolio merupakan bukti penting bagi seorang freelancer karena menampilkan hasil karya yang pernah ia buat. Karena itu, untuk meningkatkan kepopuleran freelancer, Anda butuh meletakkan hasil karya secara online. Dengan begitu, setiap orang yang ingin menggunakan jasa Anda, dapat menetapkan pilihannya karena melihat hasil karya menarik yang pernah dilakukan sebelumnya.

 

Buat nama website yang menarik

nama website design, via http://www.tutorial-webdesign.com/

Buat nama website yang menarik dan sederhana. Dengan nama yang sederhana, website Anda akan mudah diingat oleh orang lain dan bisa dicari dalam google dengan lebih mudah. Apalagi bila Anda mampu menggunakan Search Engine Optimization (SEO) dalam website yang baru dibuat ini. Penerapan SEO yang baik akan mampu mendongkrak popularitas Anda secara perlahan dan mempermudah calon pelanggan melihat profil melalui berbagai mesin pencari.

 

Buat profil yang jelas

Branding nama Anda dengan baik, via http://www.cleova.com/

Tentu tidak ada orang yang ingin mencari kucing dalam karung bukan? Untuk itu cantumkan profil yang jelas dalam website Anda. Baik pengalaman kerja dan bidang kerja yang kini sedang dilakukan. Dengan begitu, para mitra nantinya akan semakin mudah menyesuaikan antara tujuannya denngan kemampuan Anda yang beragam sehingga proyek yang akan dilaksanakan bisa berjalan dengan baik.

 

Bagikan portofolio di sosial media

Share profile Anda yuk di Social Media. via http://www.cleova.com/

Sosial media tentu memegang peranan penting dalam meningkatkan kepopuleran freelancer. Untuk itu, bagikan secara rutin berbagai portofolio pekerjaan Anda yang sudah dimasukkan ke dalam website, melalui media sosial. Dengan cara ini, informasi akan terus disebarkan, page view dari website Anda akan makin meningkat, dan portofolio makin mudah dilihat oleh calon pelanggan.

 

Tetap konsisten

Konsisten berkarya, via riamoneytransfer.com

Setelah website dan media sosial selesai dibuat, tetaplah konsisten melakukannya. Setiap pekerjaan yang telah selesai dikerjakan, simpan di dalam website dan sebarkan melalui media sosial. Dengan cara ini, Anda lebih mudah dikenali, memiliki pasar sendiri serta berpeluang meningkatkan popularitas di media sosial. Terus konsisten menjadi freelancer yang terus berkarya.

 

~ Artikel ini sudah dibaca 69 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!