fbpx
April 10, 2015

Merencanakan Keuangan Pribadi

Kita membutuhkan uang untuk membiayai setiap fase dalam siklus kehidupan kita. Dalam merencanakan keuangan pribadi, kebutuhan untuk membiayai setiap fase disebut tujuan keuangan pribadi. Tujuan keuangan kita dapat dibuat untuk jangka pendek, menengah, jangka panjang, atau kombinasinya.

Tujuan keuangan pribadi bersifat unik dan tidak selalu sama bagi setiap orang. Dua orang yang berumur sama pada fase yang sama, belum tentu memiliki tujuan keuangan yang serupa.

Merencanakan keuangan pribadi adalah proses mencapai tujuan keuangan pribadi melalui manajemen keuangan yang terencana dengan baik.

Kemampuan untuk mengelola keuangan dengan baik membutuhkan kedisiplinan dalam pembagian pos-pos keuangan. Pos-pos pengeluaran yang harus Anda lalui adalah:

  1. Needs/kebutuhan
    Pos ini berisi biaya-biaya yang harus Anda keluarkan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Alokasikan porsi terbesar gaji Anda untuk pos ini, seperti belanja bulanan, biaya sekolah anak, biaya listrik+air, dan sejenisnya.
  2. Debts/utang
    Pos ini terdiri dari pinjaman, di mana si peminjam berkewajiban untuk mengembalikan pinjaman tersebut beserta bunganya pada waktu yang telah ditentukan.  Contoh: utang kartu kredit, utang ke bank untuk cicilan rumah, dan sebagainya.
  3. Wants/keinginan
    Pos ini terdiri dari kebutuhan tidak mendesak yang seandainya tidak terpenuhi tidak akan terlalu memengaruhi hidup Anda. Misalnya: perhiasan, barang-barang branded, dan sejenisnya.
  4. Savings/tabungan
    Semua dana yang Anda persiapkan untuk berjaga-jaga saat Anda membutuhkannya atau saat keadaan mendesak masuk dalam pos ini. Misalnya saja, dana pensiun, asuransi rumah, asuransi kesehatan, dan lainnya.
  5. Investments/investasi
    Pos ini terdiri dari dana yang dipersiapkan untuk dikelola pada periode tertentu agar nilainya bertambah besar. Misalnya: deposito, properti, reksadana, saham, dan masih banyak lagi.

Anda memang tidak akan bisa merencanakan segalanya, tetapi dengan membuat perencanaan yang baik, setiap orang mempunyai kesempatan untuk mengambil keputusan yang tepat sehingga hasil yang diperoleh pun bisa lebih baik.

 

Temukan panduan lengkap mengelola kekayaan dalam buku The Secret of Wealth Management.

~ Artikel ini sudah dibaca 7 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!