fbpx
September 27, 2016

Millennial Katanya Lebih Boros dari Generasi Sebelumnya, Benar Gak Sih?

Smart Leaders,

Lahir sebagai generasi muda di masa sekarang ada enak dan tak enaknya. Perkembangan teknologi membuat Anda bisa menikmati berbagai hal yang tak bisa dinikmati oleh generasi sebelumnya. Alhasil, perubahan gaya hidup menjadi tidak terelakkan.

Anda yang sedang membaca ini bisa jadi bagian dari Millennial. Generasi muda yang terlahir dari tahun 1980-an hingga 2000-an awal. Menjadi Millennial sering kali harus menghadapi kritikan pedas dari generasi sebelumnya, entah dari orang tua, guru, atau kerabat. Akibat gaya hidup yang berbanding dengan mereka, banyak yang bilang Millennial adalah generasi yang boros, suka menghambur-hamburkan uang dan cenderung lebih konsumtif dari generasi sebelumnya. Tapi, apakah itu benar? Mari simak ulasan berikut ini 😀

Millennial memang lebih sering hang out, tapi uang yang dikeluarkan sesungguhnya lebih sedikit dari pada generasi X.

 

www.wealthladdermagazine.com
www.wealthladdermagazine.com

Dilansir dari CNBC, generasi Millennial memang diakui dua kali lebih sering untuk nongkrong dan jalan-jalan ketimbang generasi sebelumnya, yaitu generasi X. Namun, hal ini tidak menjadikan Millennial lebih boros dari generasi X, karena justru uang yang dikeluarkan oleh mereka sebenarnya lebih sedikit. Faktor pengangguran serta stagnansi pertumbuhan gaji diyakini menjadi penyebab pengeluaran mereka tidak sebanyak generasi X saat di usia yang sama.

Prioritas yang berbeda menjadikan Millennial melakukan pengeluaran dengan cara yang berbeda pula.

 

www.tubefilter.com
www.tubefilter.com

Salah satu hal yang unik dimiliki Millennial adalah mereka lebih memilih menghamburkan uang untuk sesuatu yang menambah pengalaman ketimbang untuk hal-hal yang materil. Alhasil, Millennial memiliki cara sendiri untuk melakukan pengeluaran. Mereka menganggap berlibur atau menonton konser lebih bernilai daripada membeli mobil atau barang-barang materil lainnya. Perbedaan prioritas dan pandangan terkait hal yang bernilai tersebut akhirnya berujung ke perbedaan alokasi uang. Makanya, sering terjadi kesalahpahaman karena banyak generasi lain yang menganggap generasi Millennial adalah generasi yang boros padahal belum tentu.

Perihal ini juga didukung oleh data survey yang dilakukan terhadap 2.000 orang di Amerika Serikat. Dilansir dari Bustle, survey tersebut menunjukkan perbandingan yang cukup signifikan terkait pengeluaran yang dilakukan masing-masing generasi. Meskipun pengeluaran terbesar sama-sama ditujukan untuk makanan, Millennial juga mengeluarkan uang sebagian besar untuk hiburan. Sementara generasi X tidak menghabiskan banyak uang untuk hiburan dan justru mengalokasikan sebagian besar uang untuk membayar bunga kartu kredit dan tagihan televisi kabel.

www.hloom.com
www.hloom.com

Bisa dilihat dari gambar diatas bahwa pengeluaran uang yang dilakukan masing-masing sangat berbeda bukan? Meskipun ketiga generasi sama-sama memiliki pengeluaran utama di makanan, pengeluaran lainnya tidaklah sama. Dari grafik tersebut juga dapat terlihat bahwa Millennial lebih mengutamakan hiburan, tidak seperti generasi-generasi pendahulunya.

Terbukti kan, sebenarnya Millennial tidak jauh lebih boros dari generasi lain sebelumnya. Yang membedakan hanyalah pola keuangannya saja.

Anda sendiri sebagai Millennial apakah juga memiliki pola keuangan yang sama? Tak perlu khawatir, karena sebenarnya tidak ada yang salah kok dengan bentuk pengeluaran semacam itu. Bahkan, sebagai generasi di usia produktif yang akan mengisi 34 persen dari jumlah populasi masyarakat Indonesia di tahun 2020 nanti, tren perekonomian akan sangat bergantung pada minat dan daya beli kalian.

Jadi, berbanggalah Anda para Millennial, karena sesungguhnya kalian punya pengaruh yang sangat besar, terlepas dari boros atau tidaknya Anda. Asal, tetap jangan lupa menabung dan mempersiapkan pensiun sejak dini ya. Biar dikata boros, yang penting masa depan aman.

 

~ Artikel ini sudah dibaca 44 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!