fbpx
June 30, 2016

Mudik Melalui Jalan Darat, Lakukan 4 Hal ini

Lebaran sudah di depan mata, waktunya mudik ke kampung halaman (via refiza.com)

Smart Leaders, lebaran sudah di depan mata. Hari raya Idul Fitri menjadi momen bagi para perantau untuk pulang, melepas rindu serta bersilaturrahim dengan keluarga di kampung halaman. Sebagian dari Anda sekarang mungkin sedang bersiap-siap untuk mudik ke kampung halaman.

Jika Anda mudik melalui jalan darat, baik dengan mobil pribadi atau angkutan umum, kami menyarankan Anda melakukan beberapa hal ini supaya perjalanan Anda aman dan nyaman.

  1. Jaga Kesehatan Anda
Lakukan pemeriksaan kesehatana sebelum berangkat mudik. (via kompas.com)
Lakukan pemeriksaan kesehatana sebelum berangkat mudik. (via kompas.com)

Tidak ada yang ingin sakit ketika mudik dan lebaran di kampung halaman. Selama perjalanan mudik, jangan sampai Anda sakit atau mengalami penurunan kondisi tubuh. Jika perlu, lakukan pemeriksaan kesehatan sebelum Anda mudik.

jaga asupan gizi Anda tetap seimbang. Perjalanan yang jauh dan melelahkan harus ditopang dengan energy dan nutrisi yang cukup. Jika perlu, bekali diri Anda dengan suplemen yang akan menjaga kondisi tubuh Anda selalu fit.

  1. Periksa Kesehatan Kendaraan
Lakukan servis berkala pada kendaraan Anda sebelum mudik (via otonity.com)
Lakukan servis berkala pada kendaraan Anda sebelum mudik (via otonity.com)

Jika Anda mudik dengan kendaraan pribadi, bukan hanya kesehatan diri yang harus diperhatikan, kesehatan kendaraan Anda juga harus dijaga. Periksalah kondisi kendaraan Anda sebelum dipakai untuk perjalanan mudik yang jauh.

Lakukan servis berkala, ganti oli, tune-up, serta jangan lupa cek kondisi ban dan kaki-kaki kendaraan. Hal ini untuk menghindari terjadi kerusakan kendaraan di perjalanan yang akan merepotkan Anda.

  1. Rencanakan Rute Perjalanan Anda

Baik Anda mudik dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum, rencanakan perjalanan Anda. Rencanakan rute yang akan Anda lalui, jadwal perjalanan serta rencana cadangan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika Anda memakai kendaraan pribadi, rencanakan juga waktu dan tempat untuk berhenti dan istirahat.

Merencanakan perjalanan akan menjadikan perjalanan Anda nyaman tanpa harus terburu-buru.

  1. Jangan Memaksakan Diri
. Berhenti di rest area untuk beristirahat sangat membantu supaya Anda kembali segar melanjutkan perjalanan (via detik.com)
. Berhenti di rest area untuk beristirahat sangat membantu supaya Anda kembali segar melanjutkan perjalanan (via detik.com)

Mungkin sebagian dari Anda memutuskan untuk tetap berpuasa walaupun sedang mudik. Tapi jangan paksakan diri Anda, jika merasa sudah sangat lelah dan tidak kuat, akan lebih baik Anda berbuka saja. Jangan memaksakan diri supaya kesehatan Anda tetap terjaga.

Untuk Anda yang mengendarai kendaraan selama mudik, beristirahatlah jika sudah terasa sangat lelah dan mengantuk. Berhenti di rest area untuk beristirahat sangat membantu supaya Anda kembali segar melanjutkan perjalanan.

Mudah-mudahan perjalanan mudik Smart Leaders lancar dan selamat sampai tujuan.

~ Artikel ini sudah dibaca 27 kali

Share yuk!
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!