fbpx
April 18, 2017

Opini Anak Muda Tentang Dampak Perkembangan Teknologi Bukan Hanya Positif Tetapi Ada Negatifnya Juga

Hai Smart Leaders,

Setelah tadi membahas opini tentang dampak positif yang dirasakan dari perkembangan teknologi masa kini. Ternyata juga menimbulkan dampak negatif yang dirasa juga sangat merugikan. Dampak negatif ini terlihat jelas dan dapat dengan mudah di temukan terhadap para pecandu teknologi informasi dan komunikasi (anak muda generasi Millenial Y maupun Z). Berikut dampak negatif perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang sudah dirangkum juga dari beberapa opini anak muda:

a. Perkembangan teknologi bukan hanya menghemat waktu, hal ini juga dapat mengganggu kesehatan. Dampak negatif yang paling utama dari penggunaan teknologi yaitu terhadap kesehatan. Bayangkan saja, pengguna teknologi, salah satu contohnya berupa smartphone, dapat menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar smartphone mereka dengan jarak yang begitu dekat, hal ini tentu akan mengganggu kesehatan mata. Dan juga kesehatan tubuh lainnya, seperti jika keasikan bermain game di smartphone, akan menjadi lupa makan dan minum, akhirnya sakit magh bahkan tipes atau beresiko ginjal. Serem kan?

b. Menumbuhkan rasa malas. Teknologi berupa smartphone dapat membuat rasa malas bagi penggunanya, terlebih jika penggunanya merupakan mahasiswa dan pelajar. Mereka, mahasiswa dan pelajar pemakai teknologi dapat menimbulkan rasa malas karena berbagai macam fitur yang ditawarkan oleh teknologi tersebut. Hal ini membuat mereka secara instan melakukan apapun, termasuk mengerjakan tugas, sehingga seringkali ditemukan plagiat dokumen, atau mengerjakan tugas hanya dengan meng-copy-paste tulisan orang lain, bukan berdasarkan pemikiran sendiri.

c. Dampak negatif terakhir adalah menurunkan kepedulian. Adanya teknologi komunikasi membuat mereka lebih sibuk dengan teknologi terbaru yang mereka miliki, hal ini mengakibatkan mereka kurang peka terhadap kondisi lingkungan di sekitarnya. Rasa sosialisme pun juga menurun karena mereka lebih menikmati untuk berinterksi atau berkomunikasi melalui teknologi mereka, dibandingkan berinteraksi atau berkomunikasi secara langsung. Mereka yang semula ekstrovert akhirnya menjadi introvert karna kecanduan teknologi.

Jadi Smart Leaders, memang kalau dipikirkan, perkembangan teknologi itu ada banyak sisi positif dan negatifnya. Tetapi sebagai anak muda generasi millennial, Y dan Z, akan lebih baik kita menyikapinya dengan positif dan jangan sampai terkena dampai negatifnya. Jika Smart Leaders membaca artikel ini, berusahalan untuk berjanji dalam diri Anda masing-masing bahwa, teknologi ada untuk dimanfaatkan dengan baik untuk kemajuan diri yang baik, bukan dislewengkan untuk kepentingan pribadi yang merugikan banyak orang ya Smart Leaders.

~ Artikel ini sudah dibaca 198 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!