fbpx
March 28, 2018

Orang yang Bijaksana Memanfaatkan Waktunya Memiliki 5 Kualitas Ini

 

Smart Leaders, waktu sangat berharga. Kita semua mendapatkan jatah waktu yang sama setiap hari—24 jam. Cara kita memaksimalkan penggunaan waktu tergantung dari manajemen prioritas kita. Seorang yang sukses mampu memaksimalkan waktunya dengan bijaksana.

Orang yang bijaksana memanfaatkan waktunya, memiliki lima kualitas baik seperti dituliskan John C. Maxwell untuk Success.com

  1. Memiliki tujuan yang jelas

Orang-orang yang menggunakan waktu dengan bijaksana menghabiskannya pada aktivitas yang mendukung tujuan hidupnya secara keseluruhan. Dengan mengarahkan waktu dan energi pada keseluruhan tujuan, maka seseorang bisa memaksimalkan potensi mereka.

  1. Berkomitmen dengan nilai yang mereka anut

Orang-orang yang menggunakan waktunya dengan benar, menekankan nilai-nilai yang mereka anut pada waktu yang mereka habiskan. Dengan bertindak sesuai keyakinannya, mereka akan menemukan kepuasan. Jika seseorang gagal mengidentifikasi nilai yang dianutnya, maka ia akan terombang-ambing dalam kehidupan.

Dalam organisasi, nilai mengilhami kesadaran akan tujuan yang lebih luas. Nilai membuat setiap usaha dan upaya bernilai. Dalam sebuah organisasi, Jika visi adalah kepala dan misi adalah hatinya, maka nilai adalah jiwa. Nilai memberikan makna dalam setiap tindakan dan perbuatan.

  1. Selaras dengan kekuatannya

Orang yang memanfaatkan waktunya dengan baik selalu menyelaraskan tindakannya dengan kekuatan. Melakukan itu membuat mereka selalu bertindak efektif. Orang tidak dibayar untuk hasil rata-rata. Jika pada suatu area tingkat kemampuan Anda bernilai dua, maka jangan habiskan waktu untuk meningkatkannya karena Anda tidak akan melebihi nilai empat. Namun, jika Anda memiliki nilai tujuh di area lain, maka asahlah kemampuan itu, karena ketika Anda mencapai nilai sembilan, maka Anda akan menjadi ahli dalam bidang tersebut.

Setiap kita diberikan kemampuan dan bakat yang unik. Temukan kemampuan dan bakat itu, kembangkan, dan jadikan untuk membawa Anda menuju kesuksesan.

  1. Memilih kebahagiaan

Orang-orang yang bijaksana dalam menggunakan waktunya memilih kebahagiaan dengan memberikan prioritas pada hubungan dan rekreasi. Walau memilih kebahagiaan terlihat sederhana dan jelas, tapi ada banyak orang yang mencoba membuktikan diri mereka dan menegaskan nilai dirinya. Mereka mengejar kekuasaan dan gengsi, menyebabkan mereka mengabaikan keluarga dan melupakan berlibur. Akibatnya, kesuksesan yang mereka capai terasa kosong dan sepi.

  1. Memperlengkapi orang lain

Orang-orang bijaksana memperlengkapi orang lain untuk menggabungkan produktivitasnya. Mereka menyadari keterbatasan capaian setiap orang, sehingga membangun tim untuk memperluas dampaknya. Dengan mengembangkan lingkaran dalam kepemimpinan dan berinvenstasi pada mereka, maka ia mengembangkan pengaruhnya lebih luas.

Smart Leaders, seseorang yang memanfaatkan waktu dengan baik dan bijaksana mengembangkan kualitas baik dalam diri mereka.

Maksimalkan waktu Anda dengan mengatur prioritas Anda dengan latihan selama sembilan puluh hari yang dipandu oleh buku pengembangan diri berjudul Jumpstart Your Priorities karya John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 25 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!