fbpx
May 24, 2018

Pandangan yang Salah Tentang Kegagalan

Smart Leaders, ada banyak orang yang mengira bahwa meraih kesuksesan adalah proses yang mudah. Setiap kita harus memilih. Apakah kita akan tidur dan menghindari kegagalan apa pun konsekuensinya? Atau apakah kita akan bangun dan menyadari hal ini: kegagalan hanyalah harga yang harus kita bayar untuk meraih kesuksesan.

John C. Maxwell menuliskan beberapa pandangan yang salah mengenai kegagalan.

  1. Orang mengira kegagalan bisa dihindari

Semua orang gagal dan melakukan kesalahan. Jika Anda manusia, Anda akan melakukan kesalahan. Penulis Norman Cousins mengatakan, “Nilai penting manusia adalah ketidaksempurnaan.” Jadi ketahuilah bahwa Anda akan melakukan kesalahan.

  1. Orang mengira kegagalan adalah sebuah peristiwa

Kegagalan sama seperti kesuksesan. hal itu bukanlah tempat Anda singgah. Sama seperti kesuksesan, kegagalan bukanlah sebuah peristiwa yang terjadi saat itu juga. Kesuksesan dan kegagalan datang dari cara Anda menghadapi kehidupan yang Anda lalui.

  1. Orang mengira kegagalan tidak dipengaruhi pandangan pribadi

Ketika melakukan kesalahan, apa yang menentukan tindakan itu sebagai “kegagalan”? Apakah Anda melihat pada ukuran masalah yang disebabkannya atau jumlah uang yang harus Anda atau organisasi Anda keluarkan atas kegagalan itu? Kegagalan tidak ditentukan dengan cara itu. Jawaban yang sesungguhnya adalah Andalah satu-satunya orang yang bisa benar-benar menyatakan bahwa tindakan Anda adalah kegagalan.

  1. Orang mengira kegagalan adalah musuh

Kebanyakan orang berusaha menghindari kegagalan seakan-akan itu adalah wabah penyakit. Mereka takut pada kegagalan. Namun dibutuhkan kesulitan untuk menciptakan kesuksesan. kegagalan itu baik, pupuk untuk kesuksesan. ketika kita mengizinkan diri sendiri gagal, pada saat yang sama kita mengizinkan diri sendiri untuk menjadi sempurna.

  1. Orang mengira kegagalan tidak bisa diubah

Kesalahan bisa diubah. Lihatlah semua peristiwa dengan sudut pandang yang tepat. Masalahnya datang ketika Anda tidak melihat gambaran besarnya. Orang yang melihat kegagalan dengan benar tidak membiarkan kegagalan itu memberi pengaruh yang buruk padanya.

  1. Orang mengira kegagalan adalah sebuah tanda permanen

Kesalahan bukanlah tanda yang permanen. Kekalahan bisa jadi sama baikna dengan kemenangan karena kekalahan bisa menggoncangkan jiwa dan menghasilkan kemenangan. Seperti itulah seharusnya kita melihat kegagalan.

  1. Orang mengira kegagalan adalah akhir

Hal yang sepertinya terlihat sebagai kegagalan besar sesungguhnya tidak bisa menghalangi Anda meraih prestasi.

Smart Leaders, kesalahan tidak mendefinisikan kegagalan. Hal itu hanyalah harga dari prestasi yang akan Anda raih dalam perjalanan kesuksesan.

 

~ Artikel ini sudah dibaca 29 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!