fbpx
February 12, 2018

Pemimpin Sukses Secara Otomatis Melakukan Hal Ini

Smart Leaders, kepemimpinan adalah perilaku yang dipelajari hingga menjadi tingkah laku yang secara otomatis dilakukan. Contohnya, pemimpin bisa membuat berbagai keputusan penting bahkan saat berada di bawah tekanan sekali pun. Proses mengambil keputusan itu datang dari akumulasi dari berbagai pengalaman menghadapi berbagai situasi, kepribadian, dan berbagai kegagalan.

Di luar mengambil keputusan, pemimpin sukses juga mampu melakukan berbagai hal lain secara otomatis. Dari Forbes.com, ada lima belas hal yang para pemimpin sukses melakukannya secara otomatis:

  1. Mengizinkan orang lain berpendapat tanpa tekanan

Pemimpin sukses mengalihkan sorotan dari dirinya kepada orang lain, mendorong mereka menyampaikan pendapat dan opini mereka. Mereka ahli membuat orang lain merasa aman berbicara dan menyampaikan pandangan mereka dengan percaya diri.

  1. Mengambil keputusan

Pemimpin sukses ahli dalam mengambil keputusan. Mereka berfokus memberikan hasil, tidak menghabiskan waktu pada masalah yang menghancurkan momentumnya.

  1. Mengomunikasikan ekspektasi

Pemimpin terbaik merupakan ahli komunikasi, khususnya mengomunikasikan kinerja yang diharapkannya. Mereka mengingatkan bawahannya akan visi dan nilai organisasi atau perusahaan merek, memastikan visi tersebut diterjemahkan menjadi tindakan yang jelas.

  1. Menantang orang untuk berpikir

Seorang pemimpin efektif memahami sudut pandang, kemampuan, dan area yang bisa ditumbuhkan dari anggota timnya. Mereka menggunakan pemahaman ini untuk menantang anggota timnya berpikir dan bertumbuh lebih baik. Pemimpin bertipe ini selalu mengusahakan pertumbuhan anggota timnya.

  1. Bertanggung jawab

Seorang pemimpin harus berani mempertanggungjawabkan tindakannya. Berani bertanggung jawab berarti mereka berfokus pada kesuksesan anggota timnya.

  1. Memimpin dengan teladan

Walau terdengar mudah, tapi hanya sedikit pemimpin yang mampu memimpin dengan teladan. Seorang pemimpin sukses menjalankan apa yang dikatakannya. Ia mampu menjadi contoh bagi anggota timnya, karena setiap tindakannya diamati dan ditiru oleh mereka.

  1. Mengukur dan memberikan penghargaan terhadap kinerja

Seorang pemimpin akan memberikan penghargaan terhadap orang yang memiliki kinerja yang bagus. Ia tidak akan membiarkan anggota terbaik mereka merasa diabaikan begitu saja.

  1. Terus memberikan umpan balik

Anggota tim selalu ingin para pemimpin memerhatikan mereka, sehingga mereka akan sangat menghargai umpan balik yang diberikannya. Pemimpin efektif selalu memberikan umpan balik, bersedia mendengarkan saran dan masukan, sehingga menciptakan rasa saling percaya.

  1. Meletakkan orang yang tepat pada posisi yang tepat

Pemimpin yang sukses memahami potensi setiap anggota timnya, oleh karena itu ia menempatkan setiap orang pada posisi yang akan memaksimalkan pertumbuhannya.

  1. Bertanya dan meminta nasihat

Pemimpin terbaik selalu bertanya dan meminta nasihat. Mereka tidak malu mengakui ketidaktahuan mereka, selalu ingin belajar dan bertumbuh.

  1. Menyeselaikan masalah segera, tidak menunda-nunda

Ketika sebuah masalah muncul, maka pemimpin akan segera menyelesaikannya. Ia tidak akan menunda-nunda menyelesaikan masalah tersebut.

  1. Memiliki energi dan sikap yang positif

Pemimpin sukses menciptakan kultur lingkungan kerja yang positif dan menginspirasi. Mereka mengetahui cara memotivasi orang lain dengan metode yang baik. Mereka disukai, dihargai, serta memiliki tekad yang kuat.

  1. Menjadi guru yang baik

Pemimpin sukses tidak pernah berhenti menjadi guru karena mereka termotivasi untuk bertumbuh. Mereka selalu berusaha membuat orang lain terus bertumbuh, berbagi ilmu dan pengalamannya kepada orang lain.

  1. Berinvestasi pada hubungan

Seorang pemimpin melebarkan wewenang mereka dengan menjalin hubungan dengan banyak orang. Mereka memahami bahwa hubungan yang mereka bangun akan menyokong kesuksesan mereka.

  1. Menikmati tanggung jawab yang diemban

Seorang pemimpin senang memimpin—bukan karena kekuasaannya, tapi karena dampak yang bisa mereka ciptakan. Pemimpin pada level tertinggi akan membaktikan waktunya melayani orang lain, serta menikmati melakukannya.

Smart Leaders, pemimpin sukses bisa bertahan karena lima belas hal di atas membuat mereka bisa meningkatkan nilai dan produktivitas timnya.

Temukan hukum-hukum dalam kepemimpinan dengan membaca buku kepemimpinan berjudul The 21 Irrefutable Laws of Leadership karya John C. Maxwell.

 

~ Artikel ini sudah dibaca 4 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!