fbpx
May 24, 2018

Pemimpin Terbaik Melakukan Hal Ini Setiap Hari

Smart Leaders, banyak pemimpin yang ada di tengah organisasi sangat frustasi. Mereka sangat ingin memimpin dan sukses, namun para pemimpin mereka lebih banyak menghambat daripada membantu. Lebih dari dua per tiga orang yang meninggalkan pekerjaannya melakukannya karena para pemimpin tidak efektif atau tidak kompeten. Orang tidak meninggalkan perusahaan, mereka meninggalkan pemimpinnya.

Jika ingin menjadikan organisasi Anda sebuah tempat para pemimpin memimpin dan melakukannya dengan baik, Anda harus mengubah organisasi tersebut. John C. Maxwell menuliskan bahwa Anda bisa mengubah organisasi Anda dengan melakukan “dua belas tugas yang harus dilakukan pemimpin setiap hari.” Setiap pagi, ketika bangun dan bersiap-siap memimpin organisasi, buatlah komitmen untuk melakukan kedua belas aktivitas yang membuat kekuatan Anda tidak terbatas.

  1. Menghargai orang lain

Langkah pertama untuk mengubah organisasi Anda menjadi lingkungan yang ramah pemimpin ada dalam diri Anda. Berkomitmenlah hanya pada hal-hal yang Anda hargai. Pada dasarnya, Anda tidak akan pernah menciptakan kebudayaan yang mengembangkan pemimpin jika tidak menghargai orang lain.

  1. Menyediakan sumber daya untuk mengembangkan orang lain

Dibutuhkan usaha keras untuk mengembangkan para pemimpin. Pertanyaan pertama yang biasanya diajukan oleh para pemimpin adalah, “Apa harga yang harus saya bayar?” Jawabannya adalah, “Berapa pun harga yang harus dibayar tidak akan semahal biaya dari tidak mengembangkan orang-orang Anda.” Tanyakan pada diri Anda, “Apakah saya berkomitmen menyediakan sumber daya untuk pengembangan kepemimpinan?”

  1. Menghargai kepemimpinan

Orang yang menjalankan bisnis seorang diri mungkin tidak perlu mengkhawatirkan kepemimpinan. Namun bagi orang yang memimpin organisasi, kepemimpinan selalu menjadi masalah. Setiap kali ada dua orang atau lebih yang bekerja bersama, kepemimpinan mengambil peran.

Semua pemimpin yang baik memahami nilai penting dari kepemimpinan dan sangat menghargainya. Jika Anda menghargai kepemimpinan, para pemimpin akan muncul untuk menambahkan nilai pada organisasinya.

  1. Mencari para calon pemimpin

Jika Anda benar-benar memperhatikan dan menghargai kepemimpinan, Anda akan terus mencari calon pemimpin. Ketika Anda mulai mencari calon pemimpin, carilah orang yang memiliki kualitas itu. Tanyakan pada diri sendiri, “apakah saya terus mencari calon pemimpin?”

  1. Mengenali dan menghargai anggota timnya

Ketika menemukan pemimpin dan mengembangkan mereka, Anda akan mengenal mereka lebih baik sebagai individu. Ketika memilih orang yang akan Anda kembangkan, bekerjalah untuk mencapai keseimbangan antara keinginan universal ini dan kebutuhan individual orang-orang Anda.

  1. Memberikan pengalaman pada timnya

Tidak mungkin mempelajari kepemimpinan tanpa benar-benar memimpin. Selain itu, kepemimpinan adalah tindakan. Salah satu tempat para pemimpin melewatkan peluang pengembangan datang dalam apa yang kita delegasikan.

Kita cenderung untuk memberi orang lain tugas untuk dilakukan, bukan fungsi kepemimpinan yang harus mereka isi. Kita harus membuat perubahan. Jika kita tidak mendelegasikan kepemimpinan dengan otoritas dan tanggung jawab, orang-orang kita tidak akan pernah memperoleh pengalaman yang mereka butukan untuk memimpin dengan baik.

Smart Leaders, jika Anda berdedikasi untuk mengembangkan dan membebaskan para pemimpin tim, organisasi Anda akan berubah, demikian pula hidup Anda.

Bangunlah tim pemenang dengan membaca buku pengembangan tim berjudul Teamwork 101 dari John C. Maxwell.

 

 

~ Artikel ini sudah dibaca 19 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!