fbpx
May 23, 2017

Penilaian yang Pertama Kali dilakukan Bukan Tentang Penampilan, Tetapi Tentang Kepribadian Anda

Smart Leaders,

First impression atau yang sering disebut dengan kesan pertama adalah istilah yang sering digunakan untuk seseorang saat pertama kali bertemu. Itulah mengapa, seringkali orang akan berdandan dalam versi terbaiknya agar bisa disukai orang. Namun ada hal lain yang dinilai orang pertama kali pada diri kita selain penampilan.

Kesan Pertama bukan hanya dinilai dari penampilan Anda via: forbes.com
Kesan Pertama bukan hanya dinilai dari penampilan Anda via: forbes.com

Smart Leaders, setiap orang akan memberikan penilaian sepersekian detik saat pertama kali bertemu, dan sayangnya faktor utama penilaian tersebut bukanlah mengenai penampilan yang konon katanya sering menjadi poin penting. Seperti yang dikatakan penulis buku karier Presence, Amy Cuddy,”bahwa orang-orang akan bertanya pada diri sendiri dua pertanyaan ketika pertama kali bertemu dengan seseorang. Pertama, Bisakah aku memercayai orang ini? dan kedua adalah Bisakah aku respek terhadap orang ini?”

via www.popsugar.com
Bisakan Anda dipercayai, bisakah aku respect terhadap orang itu? via www.popsugar.com

Para psikolog percaya bahwa orang-orang akan mencoba melakukan penilaian terhadap tingkat kompetensi dan keramahan seseorang, apalagi jika masuk dalam dunia kerja profesional, karena penampilan saja bisa sangat menipu.

Amy Cuddy mengatakan kembali, “bahwa, kehangatan atau keramahan seseorang adalah hal paling krusial menentukan apakah seseorang bisa dipercaya atau tidak. Tingkat kompetensi menyusul setelahnya, menjadi nilai evaluasi terakhir terhadap seseorang.”

Itulah mengapa, seseorang dengan kepribadian yang hangat, ramah, terbuka, dan dapat dipercaya adalah nilai penting yang harus selalu Anda punya dan perlihatkan bahkan ketika pertama kali bertemu dengan seseorang sampai seterusnya, apalagi saat wawancara kerja. Tapi tentu saja, penampilan yang baik juga sangat menunjang kepribadian Anda dan mampu meningkatkan kemungkinan Smart Leaders akan dapat dipercaya dan dihormati.

Sumber: Vemale

~ Artikel ini sudah dibaca 45 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!