fbpx
July 27, 2017

Penyebab Penyakit Berbahaya Ternyata Karena Asupan Makanan yang Berlebihan

 

Smart Leaders,

Saat berada di tempat umum terutama seperti bazaar atau tempat pameran umum, memang terkadang sering banyak makanan yang dijajakan, membuat kita tergiur untuk membelinya. Tanpa disadari membuat pola makan kita tidak terjaga, alhasil batas kalori harian kita jadi berlebih.

Ternyata kondisi seperti ini disebut juga dengan Naive Subject. Kenapa namanya naïve? Karena senyawa atau zat gizi yang tiba-tiba melonjak dalam jumlah tinggi ini sering tidak terekspos, sehingga responnya jadi ekstrim.

via http://okayclick.com
via http://okayclick.com

Selain makanan yang tidak terkontrol, mencoba berbagai diet tak terkontrol juga disebut juga dengan Naive Subject, yang tak jarang didukung dengan gula, garam dan lemak yang berlebihan. Inilah yang dapat memicu meningkatnya Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti jantung koroner, obesitas, diabetes, stroke hingga osteoporosis. Melihat masalah tersebut, kita harus menyesuaikan asupan makanan yang dikonsumsi, dengan kebutuhan tubuh, sehingga tercipta sebuah pola konsumsi harian.

Jika ditelusuri pada bidang kesehatan, orang dewasa sendiri membutuhkan rata-rata asupan kalori harian 2000 kkal. Untuk protein anjurannya 15-20 persen dari total kalori. Jika 2000 kkal, 20 persennya berarti 400kkal energi dari protein. Satu gram protein menghasilkan 4kkal energi, maka kebutuhan harian protein seseorang adalah 100gr protein.

via www.medifee.com
via www.medifee.com

Sebaiknya, jumlah karbohidrat saat sarapan lebih banyak dibandingkan waktu makan siang dan malam. Karena jeda makan pagi ke makan siang cukup lama. Jam 9-10 jangan sampai lapar lagi supaya kita tetap bisa produktif. Makan siang sebenarnya porsinya bisa sama dengan sarapan, tapi harus lebih sedikit dengan makan malam.

Sementara untuk sayur dan buah 450 gram perhari adalah jumlah yang ideal, di mana 250 gram sayuran dan 150 gram buah perhari. Ini dikarenakan, kata dia, selain vitamin dan mineral, serat pangan dan antioksidan alami juga penting untuk kebugaran tubuh.

Nah Smart Leaders, yuk sebisa mungkin selalu menjaga asupan makanan agar tubuh senantiasa sehat dan jauh dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Sumber: vemale.com

~ Artikel ini sudah dibaca 10 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!