fbpx
July 13, 2017

People Of The Day: Jimmy Wales, Pendiri Wikipedia yang Sukses Menjadikannya Situs Referensi Terbesar Di Dunia

Smart Leaders,

Bagi para pelajar, mahasiswa, pengajar, pekerja atau siapa pun, tentunya pernah mencari informasi mengenai suatu hal di internet seperti lewat Google.com. Memang tak salah jika internet menjadi salah satu tempat mencari referensi informasi terbesar dan paling lengkap dan juga sangat mudah tentunya. Namun jika ditanya mengenai salah satu situs rujukan referensi yang paling banyak diakses dan menawarkan sejuta informasi bagi kita, Anda pastinya akan setuju jika Wikipedia lah jawabannya.

Wikipedia memang tidak hanya sekedar situs referensi biasa. Selain dapat memberikan informasi yang kita butuhkan, situs sejuta umat ini nyatanya merupakan tempat dimana orang bisa saling bertukar informasi dalam lingkup sebuah komunitas internasional. Anda bisa berbagi, menyarankan, bahkan memberikan koreksi terhadap sebuah informasi jika dirasa ada informasi yang kurang tepat di dalamnya.

via http://everything-pr.com
via http://everything-pr.com

Dan apakah Anda tahu bahwa situs sebesar Wikipedia ternyata dikelola dengan sistem nirlaba alias bukan merupakan situs komersil. Ialah Jimmy Wales, sosok pendiri Wikipedia yang telah mengembangkan situs tersebut usaha serta kerja kerasnya.

“Bayangkan suatu dunia yang setiap orangnya bisa memperoleh akses gratis ke seluruh ilmu pengetahuan yang ada.” itulah mimpi terbesar dari seorang Jimmy Wales.

Kisah Pribadi Jimmy Wales

via img.hifipublic.com
via img.hifipublic.com

Lahir dengan nama lengkap Jimmy Donal Wales, ialah sang pendiri situs referensi terbesar di dunia Wikipedia. Wales begitu sapaan akrabnya lahir pada tanggal 7 Agustus 1966 di kota Huntsville, Alabama, Amerika Serikat. Ia lahir dari keluarga yang sederhana namun sangat menghargai pendidikan. Ayahnya adalah seorang pemilik toko serba ada di Huntsville, sedangkan ibunya adalah seorang pengajar di sebuah sekolah swasta di kota yang sama.

Yang menarik adalah sekolah yang dikelola ibu dan neneknya tersebut tidak seperti sekolah pada umumnya. Disekolah yang hanya memiliki beberapa orang murid (termasuk Wales) tersebut, dirinya bersama dengan anak-anak lain diajari segala hal yang hanya diminati untuk diperlajari. Dan bagi Wales, mempelajari sebuah buku ensiklopedia dunia merupakan kesenangan yang tiada duanya pada waktu itu.

Selepas menuntaskan pendidikan di sekolah dasar, dirinya meneruskan ke sekolah lanjutan Randolph School. Di sana dirinya banyak mengenal aplikasi teknologi dalam dunia pendidikan. Ia pun tertarik untuk mempelajari dan berbagi dengan orang lain tentang apapun yang ia ketahui. Semangat ingin selau berbagi itulah yang nampaknya dapat membawa Wales menjadi salah satu tokoh yang sangat disegani seperti saat ini.

via http://digitalspyuk.cdnds.net
via http://digitalspyuk.cdnds.net

Pendidikan Wales berlanjut, dirinya mengambil gelar sarjana jurusan keuangan di Univesitas Auburn. Kemudian melanjutkan gelar masternya di Universitas Alabama pada jurusan yang sama. Jenjang pendidikannya ia tuntaskan setelah menyelesaikan gelar doktornya dari Universitas Indiana. Kecintaanya pada dunia pendidikan menjadikan dirinya aktif menjadi dosen tamu serta pendidik lepas di beberapa institute.

 

Jimmy Wales Dan Wikipedia

via http://www.bilan.ch/via http://www.bilan.ch/

Jenjang karir pertamanya ia mulai saat bekerja di perusahaan pialang saham Chicago Options Associates  pada tahun 1994 hingga 2002, namun karir yang menawarkan cukup banyak uang tersebut nampaknya bukan menjadi pilihan utama hati Wales hingga akhirnya ia putuskan berhenti. Disela-sela pekerjaannya, ia  mulai mendirikan sebuah website mesin pencarian bernama Bomis. Bomis nyatanya sempat booming, namun lewat website pencari khusus pria tersebut dirinya dianggap banyak menjual barang barang yang berbau erotisme dan seks. Namun tak pelak dirinya memutuskan untuk melepas Bomis dan mulai mencoba peruntungan baru yang lebih terlihat “aman” dan tak kontroversial.

Kali ini meneruskan minatnya untuk berbagi pengetahuan kepada orang lain, bersama sebuah perusahaan nirlaba, ia mendirikan website Nupedia. Bisa dikatakan inspirasi lahirnya Wikipedia berawal dari website Nupedia tersebut. Baru pada tahun 2001, tepatnya tanggal 15 Januari 2001 Wales resmi mendirikan Wikipedia yang awalnya ia kelola dengan swadaya. Menurut sebuah liputan media luar menyebutkan selama masa pengembangan Wikipedia yang menelan biaya hingga $ 500.000 dolar semua merupakan hasil peras keringat Wales sendiri semasa bekerja di perusahaan pialang saham.

Baru pada tahun 2006, ia mulai mendapatkan pendanaan modal dari gabungan beberapa perusahaan yang peduli dan menaruh simpati yang besar atas usaha Wales yang ingin membagikan banyak ilmu dengan mudah dan gratis ke semua orang di seluruh dunia.

Berkat usahanya tersebut juga, Wales banyak mendapatkan apresiasi bahkan penghargaan dari berbagai pihak. Salah satu yang paling mengesankan adalah manakala dirinya di dapuk menjadi tokoh pertama yang masuk pada artikel “Scientists & Thinkers” tentang orang yang paling berpengaruh di dunia versi majalah TIME tahun 2006.

via http://libertyupward.com
via http://libertyupward.com

Hingga kini semangat sang pendiri Wikipedia dalam berbagi nampaknya masih belum padam. Mimpi seorang Jimmy Wales sudah dapat dikatakan tercapai lewat Wikipedia,  dan dedikasi tanpa batas yang ditunjukkan olehnya menjadi bukti nyata bahwa berbagi bukan hanya akan memperkaya orang lain, namun lebih dari itu, berbagi bisa menjadi kekayaan hati dan jiwa sang pendermanya. Be inspired!

Sumber: maxmanroe.com

~ Artikel ini sudah dibaca 6 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!