fbpx
July 27, 2016

Perpustakaan Keren Indonesia Punya, Anda Wajib Tahu!

Smart Leaders yang cinta banget sama buku ūüėÄ

Beberapa bulan lalu mimin sempat merangkum beberapa perpustakaan di dunia dengan desain interior menarik. Sehingga yang awalnya perpustakaan identik dengan buku-buku dan kutu-kutu bukunya dan bagi sebagian orang, perpustakaan menjadi tempat yang membosankan untuk dikunjungi. Akhirnya menjadi tempat favorit untuk dikunjungi. Perpustakaan, merupakan tempat yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Karena didalamnya Smart Leaders bisa membuka jendela dunia, mengetahui berbagai macam buku dan mendapat banyak ilmu. Nah, bagi Anda yang sempat menganggap perpustakaan itu menjenuhkan, harus dan wajib banget mengunjungi perpustakaan ini nih. Ternyata di Indonesia juga tak kalah keren loh dengan perpustakaan keren yang ada di berbagai belahan dunia.

Penasaran? Ini dia nih perpustakaan keren yang ada di Indonesia yang sayang untuk Anda lewatkan.

1. Perpustakaan Umum Freedom Institute – Cikini, Jakarta

Perpustakaan Umum Freedom Institute - Cikini, Jakarta via https://club.iyaa.com
Perpustakaan Umum Freedom Institute – Cikini, Jakarta via https://club.iyaa.com

Perpustakaan yang terletak di Jl. Proklamasi No.41, Menteng ini merupakan salah satu perpustakaaan kece nan keren di Jakarta. Interior modern serta pilihan furniture yang tak biasa untuk sebuah perpustakaan tentunya akan membuat Smart Leaders terperangah dan betah berlama-lama di dalamnya. Lampu-lampu gantung bergaya minimalis sangat cocok menerangi pengunjung yang duduk di sofa-sofa empuk. Kalo ada waktu luang, ga ada salahnya nih Anda berkunjung ke sini.

2. Perpustakaan Universitas Indonesia – Depok, Jawa Barat

Perpustakaan Universitas Indonesia - Depok, Jawa Barat via https://club.iyaa.com
Perpustakaan Universitas Indonesia – Depok, Jawa Barat via https://club.iyaa.com

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, tentu sudah tidak asing lagi dengan perpustakaan ini. Perpustakaan yang terletak di kawasan UI Depok, Jawa Barat ini memang memiliki arsitektur yang sangat ciamik. Perpustakaan ini menempati lahan 2,5 hektare dengan luas bangunan 33.000 meter persegi (Besar banget ya!!). Gedung Perpustakaan UI atau yang dikenal dengan Crystal of Knowledge terdiri dari 8 lantai dan beberapa bangunan yang berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan. Fasilitas di gedung ini dibagi menjadi dua, yakni fasilitas umum dan fasilitas perpustakaan.

Fasilitas umumnya terdiri dari: Ruang Apung, Cinema, Gym, studio music dan broadcast, ruangan yang ada di lantai 5, 6, 7, dan 8, serta seluruh area tenant yang ada di sekitar gedung.
Fasilitas perpustakaan terdiri dari area lantai 1 (minus area tenant, cinema), ruang komputer, lantai 2, 3, dan 4.

Jadi selain bisa membaca buku sepuasanya juga bisa menonton film, mendengarkan music atau berolah raga ketika jenuh, sehat bukan Smart Leaders!

Disini Anda juga bisa menemukan starbucks, indomart, beberapa restaurant korea, toko buku times, dan tempat makan lainnya.

3. Graha Tama Pustaka – Yogyakarta

Graha Tama Pustaka - Yogyakarta via https://club.iyaa.com
Graha Tama Pustaka – Yogyakarta via https://club.iyaa.com

Perpustakaan yang terletak di Yogyakarta ini, baru dibuka secara resmi oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X pada tanggal 21 Desember 2015 . Perpustakaan ini berdiri di atas lahan seluas 2,4 hektar (11/12 dengan luas perpustakaan di Depok ya). Fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat meliputi ruang koleksi, ruang baca yang nyaman dan representatif, ruang pameran, ruang bermain anak, ruang dongeng, ruang seminar/diskusi, coffe shop dan yang spektakuler adalah bioskop enam dimensi (6D). Koleksi buku yang disediakan di Grahatama Pustaka juga beragam yang meliputi koleksi buku umum, referensi, braile, koleksi buku langka, elektronik journal, dan juga elektronik book. Keren deh, Sayang kalau berkunjung ke Yogyakarta tak sempatkan mampir ke sana.

4. Perpustakaan Umum Provinsi DKI, Taman Ismail Marzuki

Perpustakaan Umum Provinsi DKI, Taman Ismail Marzuki via https://club.iyaa.com
Perpustakaan Umum Provinsi DKI, Taman Ismail Marzuki via https://club.iyaa.com

Tidak sulit rasanya untuk menemukan perpustakaan kece ini. Karena letaknya tepat berada di sebelah Planetarium. Jika dibandingkan dengan gedung Planetarium di sebelahnya, gedung perpustakaan ini memang terlihat keren dan mentereng.

Lantai satu adalah area untuk buku-buku dewasa, dan lantai tiga untuk buku-buku referensi. Ruang ibu dan bayi juga berada di lantai tiga. Area di lantai dua dibagi menjadi dua bagian, area baca dan mainan edukatif, dan area playground. Selain buku, terdapat juga rak yang penuh dengan berbagai jenis mainan edukatif dan puzzle.

Area playground dipisahkan oleh pintu kaca, untuk memasuki area ini alas kaki harus dilepas. Area ini merupakan area semi-outdoor yang tidak memiliki AC atau kipas angin. Ruangan ini sangat luas dan beralaskan karpet. Anak-anak bebas berlarian ke sana-kemari. Namun Anda akan tetap nyaman membaca buku kok Smart Leaders, kalau jenuh bisa deh berkunjung ke Planetarium di sebelahnya.

5. Perpustakaan Universitas Malahayati

Perpustakaan Universitas Malahayati via https://club.iyaa.com
Perpustakaan Universitas Malahayati via https://club.iyaa.com

Anda yang bukan kutu buku pasti akan merasa betah berlama-lama di perpustakaan ini. Karena pada perpustakaan Universitas Malahayati, yang terletak di Bandar Lampung ini Smart Leaders dapat melihat sungai buatan berisi ikan mas yang berenang ke sana-ke sini, pohon-pohon buatan nan rindang dan berbagai jenis rumah adat dari seluruh provinsi di Indonesia. Selain dipenuhi puluhan ribu buku, perpustakaan Universitas Malahayati juga dilengkapi komputer guna mengakses perpustakaan digital.

Begitu melangkah masuk ke dalamn perpustakaan ini, Anda akan melihat empat baris rak buku yang memanjang hingga ke ujung ruangan. Rak-rak buku itu dikelilingi sungai buatan selebar 1,5 meter. Nah, di sela-sela rak, terdapat pohon besar dengan kursi-kursi di bawahnya.

Di kedua sisi ruangan yang menempel ke dinding, ada puluhan miniatur rumah adat dari berbagai provinsi, dari Aceh hingga Papua Barat. Di dalam rumah-rumah adat, tersedia meja panjang, di mana para mahasiswa dapat belajar maupun berdiskusi. Dari sekian banyak miniatur rumah adat, ada sebuah tempat ibadah umat Muslim khas Aceh, yang lebih dikenal dengan nama meunasah.

Sementara itu, di sebelah kanan ruang perpustakaan, ada sebuah ruang baca berbentuk kubus dengan dinding pembatas setinggi orang dewasa. Di dalamnya, tersedia sofa-sofa panjang yang dapat diduduki beramai-ramai.

6. Perpustakaan Soeman HS – Riau, Pekan Baru

Perpustakaan Soeman HS - Riau, Pekan Baru via https://club.iyaa.com
Perpustakaan Soeman HS – Riau, Pekan Baru via https://club.iyaa.com

Perpustakaan yang terletak di Pekanbaru, Riau ini terpilih menjadi arsitektur gedung terbaik se-ASEAN. Arsitektur Perpustakaan Soeman HS dianggap terbaik karena dianggap mencerminkan identitas ASEAN tanpa menghilangkan unsur modern. 1 Kata untuk perpustakaan ini..”KEREN”. Kalau modelnya seperti ini bakalan betah deh berjam-jam di sini, selain membuka jendela dunia, bisa jadi tempat hunting foto juga.

Fasilitas : Auditorium, Atrium, Bilik budaya melayu yang menyimpan berbagai macam literatur, Ruang pertemuan, Ruang perpustakaan Anak, Ruang internet, Mushola, Kantin dan kafe, Energy corner.

7. Perpustakaan Kontainer- Batu, Malang

Perpustakaan Kontainer- Batu, Malang via https://club.iyaa.com
Perpustakaan Kontainer- Batu, Malang via https://club.iyaa.com

Perpustakaan unik yang terletak¬† di kawasan Batu, Malang, Jawa Timur ini dibangun dari tujuh kontainer bekas. Setelah sebelumnya “berlayar” ke berbagai dunia sebagai wadah pengiriman lewat lautan dan samudera, kontainer-kontainer yang masih tampak kokoh itu kini tengah mengalami “reinkarnasi”.

Dinamai dengan perpustakaan Amin, “perpustakaan kontainer” penuh warna tersebut memiliki 6.000 koleksi buku yang bisa dibaca oleh masyarakat setempat secara gratis. Menghadap ke arah pucuk-pucuk pepohonan dan rumah penduduk, ketujuh kontainer berbeda ukuran dan warna itu masing-masing memiliki fungsi tersendiri.

Kontainer biru misalnya, disediakan untuk ruang membawa buku-buku populer dan hiburan. Sementara kontainer berkelir kuning khusus ruang baca perempuan, sedangkan ruang kontainer berwarna merah untuk buku-buku sains dan teknologi.

Adapun bangunan utama perpustakaan ini dibuat tersusun ke atas menyerupai bentuk permainan tradisional egrang. Kontainer ketiga gedung ini menawarkan pemandangan Kota Batu yang dikelilingi pepohonan. Kereen yaaahh.

 

~ Artikel ini sudah dibaca 213 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!