fbpx
May 24, 2016

Perubahan Itu Bagus Tetapi Berubahlah Terlebih Dahulu

“Pada akhirnya, penting untuk mengingat bahwa kita tidak bisa menjadi sosok yang harus kita wujudkan dengan tetap menjadi diri kita saat ini.”

– Max Depree

Kira-kira 6 bulan lalu, Tom Feltenstein berkata, “Mac, kita harus menulis buku bersama-sama dan judulnya semacam ‘Perubahan itu bagus … Berubahlah terlebih dahulu.’ Mac segera menyukai idenya dan dengan senang mengatakan, jadwal terbitnya sudah dirancang dalam waktu dekat dengan judul tambahan “… 21 cara untuk memantik perubahan.”

Perubahan adalah kunci yang membebaskan pintu pertumbuhan dan kegembiraan di organisasi mana pun.

Kemampuan pemimpin untuk memantik “budaya perubahan” bisa menciptakan atau merusak kesuksesan mereka. Hari esok datang begitu cepat dan keuntungan kompetitif kita hanyalah sesuatu yang fana. Bill Gates menjelaskannya seperti ini … “Dalam 3 tahun semua produk yang dibuat perusahaan saya akan ketinggalan zaman. Pertanyaannya hanyalah apakah kamu yang membuatnya ketinggalan zaman, atau orang lain.” Peter Drucker memperkuat pernyataan Gates dengan mengatakan, “Setiap 3 tahun sekali, produk dan proses harus diuji kelayakan hidupnya, jika tidak, pesaing akan melampaui Anda.”

Drucker juga berkata bahwa kebanyakan perusahaan lebih mudah mengembangkan ide-ide baru ketimbang menyingkirkan ide-ide lama.

Terus berubah dan bertumbuh dalam skala prioritas tidak pernah mudah. Kita terlalu berfokus pada masalah hari ini sampai menunda perencanaan untuk peluang di masa mendatang.

Terus menghidupkan perubahan dimulai dengan inovasi, pengambilan resiko, dan kreativitas yang menguntungkan. Bahkan Anda perlu gagal secepatnya dan sesering mungkin untuk tetap mengungguli pesaing.

T.S Eliot menyatakannya dengan baik. “Hanya mereka yang mengambil risiko paling jauh yang mungkin bisa mengetahui sejauh apa mereka harus pergi.”

Ulasan diatas diambil dari bab “Perubahan Itu Bagus … Berubahlah Terlebih Dahulu” dalam buku “You Cant Send a Duck To Eagle School” karya Mac Anderson yang akan diterbitkan Bulan Juni dan Juli 2016 mendatang. Ditunggu ya Smart Leaders.

~ Artikel ini sudah dibaca 46 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!