fbpx
July 14, 2017

Place Of The Day: Cafe John Dijkstra, Bukan Hanya Tempat Makan Tapi Juga Bersantai Dengan Buku

Hai Smart Leaders,

Kalau mimin boleh tau nih, Anda semua pasti suka baca buku kan? Nah buku apa sih yang biasanya kalian baca? Fiksi atau non fiksi? Kiat-kiat sukses atau literature? Kayaknya enak ya, baca buku sambil bersantai ria di satu kafe gitu. Minggu kemarin mimin sudah membahas beberapa kafe buku yang berlokasi di jakarta, sekarang mimin akan ajak Smart Leaders untuk mengunjungi kota Semarang. Di sana kita juga bisa ngafe sambil baca buku sepuasnya. Dimana sih? Tepatnya di Library Cafe John Dijkstra. Lokasi spesifiknya berada di kawasan kota lama Semarang, Jalan Taman Srigunting No. 10 dan bersebelahan dengan gedung Spiegel.

Meski baru resmi dibuka Bulan Desember tahun lalu 2016, kafe yang memadukan konsep antara perpustakaan dan kafe ini sudah menarik perhatian banyak orang. Beberapa komunitas bahkan sering menggunakan Library Cafe sebagai tempat untuk berdiskusi atau sekedar kumpul-kumpul.

via https://1.bp.blogspot.com/
via https://1.bp.blogspot.com/

Menempati lantai dua sebuah gedung kuno bekas rumah pelayanan sosial, Library Cafe John Dijkstra ini dirancang untuk menarik minat baca pengunjungnya. Kalian bisa naik ke lantai dua melalui sebuah tangga kecil melingkar yang berada di depan bangunan. Diperkirakan ada lebih dari 500 judul buku berbagai jenis dan genre yang disediakan di kafe ini. Dan semua buku yang ada di kafe ini boleh kalian baca sepuasnya. Gratis.

Namanya juga Library Cafe, selain bisa baca-baca buku Anda uga bisa memesan makanan dan minuman. Menu makanan dan minuman yang disediakan juga cukup banyak dan variatif, kok. Kalau tidak begitu lapar, Anda juga bisa memesan makanan ringan atau kudapan seperti lunpia, tahu bakso, roti bakar atau pisang karamel dan minuman saja. Tapi kalau lapar, Library Cafe ini juga menyediakan menu makanan berat seperti spageti bolognese, macaroni bolognese, hingga sosis bratwust bakar. Sedangkan bagi kalian yang tengah diet bisa pesan salad buah. Harga makanan dan minuman berkisar antara 12ribu hingga 18ribu saja. Murah, bukan? Rasanya? Tak kalah dengan kafe lain yang makanannya berharga mahal.

via http://hellosemarang.com/
via http://hellosemarang.com/

Eh iya, Smart Leaders juga bisa menikmati menu spesial dari Library Cafe ini, loh. Apa coba? Yang spesial adalah kopi Dijkstra, yaitu perpaduan antara kopi dan rempah-rempah. Kebayang kan rasanya? Pastinya badan jadi hangat setelah minum kopi Dijkstra ini.

Library Cafe ini terbuka untuk umum dan tak sekedar mengejar untung semata. Smart Leaders yang ingin datang untuk sekedar membaca pun dipersilahkan. Fasilitas yang disediakan di Library Cafe selain buku adalah wifi. Kalau sudah ada wifi, pasti makin betah berlama-lama di sini, deh. Selain bisa membaca buku, Anda juga bisa mengakses internet dengan gratis.

via http://hellosemarang.com/
via http://hellosemarang.com/

Desain interior ruangan Library Cafe cukup menarik karena menggunakan perabotan berbahan kayu jati. Bahkan perabotan yang dipakai para pengunjung kafe ini dijual, loh. Beberapa lukisan yang dipajang di dinding kafe pun dijual. Beberapa meja yng diletakkan di beberapa sudut dan di pinggir. Sedangkan di bagian tengah, disediakan tempat untuk lesehan. Jadi Anda bisa memilih mau duduk di lantai atau duduk di kursi.

Lalu sebenarnya siapa sih John Dijkstra? Mengapa namanya disematkan di belakang Library Cafe? Ternyata John Dijkstra adalah pemilik rumah pelayanan sosial yang kini dijadikan sebagai Library Cafe. Pada tahun 1960-1970 an, rumah pelayanan sosial cukup aktif. John Dijsktra adalah seorang romo asal Belanda yang awalnya akan ditugaskan sebagai mandor  di pabrik gula Jawa Tengah. Karena tak mau menjadi mandor, John Dijkstra mengabdikan dirinya untuk melakukan pelayanan terhadap gereja dan kebudayaan. Meski begitu, gedung ini boleh dipergunakan oleh siapa saja tanpa memandang suku, ras dan agama.

Wah, ternyata menarik juga ya kisah dibalik berdirinya Library Cafe John Dijkstra. Jadi, kapan Smart Leaders ke sini?

~ Artikel ini sudah dibaca 55 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!