fbpx
September 27, 2017

Punya Kebiasaan Buruk? Singkirkan dalam 66 Hari.

Pernahkah Anda mencoba mengubah kebiasaan buruk, kemudian menyerah dan frustasi? Masalahnya bukan karena Anda lemah atau kebiasaan tersebut terlalu mendarah daging, Anda terlalu cepat menyerah.

Penelitian yang dilakukan University College, di London, menemukan butuh 66 hari supaya kebiasaan baru terbentuk. Selama tidak ada ketergantungan fisik di dalamnya, butuh 66 hari mengubah kebiasaan buruk Anda.

Kebiasaan buruk dibentuk dan diperkuat melalui lingkaran kebiasaan. Pertama, sesuatu mencetuskan tindakan tidak diinginkan dalam diri Anda. Misalkan, Anda merasa stres sehingga memutuskan menonton televisi sambil memakan sekantong besar keripik kentang. Pemicunya adalah apa pun yang menanamkan ide itu dalam pikiran Anda. Langkah kedua adalah tindakan itu sendiri. Otak Anda berkata “Kamu butuh keripik kentang,” maka Anda makan sekantong besar.

Langkah ketiga adalah ganjaran, ini yang paling penting. Tindakan ini harus memberikan upah kepada Anda dalam berbagai cara. Tapi itu tidak berarti itu baik atau cerdas untuk Anda, hanya sesuatu yang otak Anda sukai. Baik atau buruk, ganjaran atau upah ini meningkatkan kemungkinan Anda mengulangi tindakan tersebut.

Sekalinya Anda mengulang tindakan itu berulang kali, lingkaran kebiasaan ini menjadi otomatis sehingga Anda bahkan tidak perlu memikirkannya lagi. Secara tak sadar Anda akan melakukan kebiasaan tersebut, lagi dan lagi.

Sekali kebiasaan itu terbentuk dan dilakukan otomatis, maka akan semakin sulit mengubahnya. Itulah alasan Anda akan gagal jika tidak menyerah dalam 66 hari mengubah kebiasaan tersebut, Dr. Travis Bradberry, co-author Emotional Intelligence 2.0 dan cofounder TalentSmart menulis dalam akun linkedInnya langkah-langkah mengubah kebiasaan buruk.

Hari 1-10: Lihatlah ke Dalam

Lihatlah ke dalam diri Anda, pahami kebiasaan buruk Anda dan sumber kebiasaan itu. Sepuluh hari pertama refleksi diri akan memberikan pandangan penting tentang sumber kebiasaan buruk yang perlu Anda ubah.

Hari 11-40: Beri tahukan

Pertanggungjawaban penting dalam mengubah kebiasaan buruk. Dalam fase ini, Anda menciptakan sebuah jaringan pertanggungjawaban dengan memberitahukan orang-orang kebiasaan yang ingin Anda ubah. Semakin Anda vokal tentang hal itu, semakin mungkin orang lain mengingatkan Anda jika tergelincir. Biarkan mereka tahu Anda benar-benar ingin mereka berkata sesuatu. Ingatkan mereka terus-menerus.

Hari 41-66: Ingatlah Pemicu Kambuhnya Kebiasaan Anda

Setiap orang melakukan kesalahan, itu hal yang wajar. Jika Anda mengingat-ingat kondisinya, Anda akan terhindar dari kesalahan. Anda akan berusaha menghindari pemicu-pemicu kambuhnya lagi kebiasaan Anda tersebut, hingga kebiasaan tersebut benar-benar hilang.

Hari 67: Berikan hadiah untuk diri Anda.

Anda boleh saja berkata, perubahan kebiasaan itu sendiri adalah sebuah hadiah untuk saya, tapi kenapa melewatkan kesempatan merayakan? Rayakan, tapi tidak dengan memanjakan diri dengan kebiasaan yang sedang Anda ubah. Gunakan kesempatan ini untuk merefleksikan diri dan memilih kebiasaan berikutnya yang akan Anda ubah.

Tidak bisa mengubah kebiasaan bukan karena Anda lemah, bodoh, atau malas. Banyak faktor yang memengaruhinya dan membuat proses itu menantang untuk setiap orang. Fokuslah pada satu kebiasaan setiap kali, ikuti langkah-langkah ini, maka kesempatan sukses Anda akan melejit drastis.

 

Sumber: linkedIn.com

~ Artikel ini sudah dibaca 50 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!