fbpx
July 27, 2015

Punya Perpustakaan Mungil di Rumah? Bisa!

Kalau dengar kata perpustakaan, yang terlintas dalam benak kita pasti rak-rak tinggi besar berisi banyak buku di lorong-lorong panjang satu ruangan penuh. Padahal, kita juga bisa lho punya perpustakaan mini meskipun dalam ruang rumah yang mungil, karena menurut KBBI:

perpustakaan berarti (1) tempat, gedung, ruang yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku dsb; (2) koleksi buku, majalah, dan bahan kepustakaan lainnya yang disimpan untuk dibaca, dipelajari, dibicarakan;

Jadi selama kita punya tempat khusus yang digunakan untuk memelihara koleksi buku kita, tempat itu sudah bisa kita sebut sebagai “perpustakaan”. Kita bisa memanfaatkan satu sudut ruangan yang tak terpakai, atau menggunakan kotak khusus untuk menyimpan koleksi buku. Pilih rak atau kotak buku sesuai jumlah buku dan ukuran ruangan. Pikirkan juga kreasi rak atau kotak yang bisa digunakan untuk fungsi lainnya. Misal, selain menyimpan buku, juga bisa menghemat ruang.

Setelah ruang dan kotak perpustakaan Anda tercipta, perhatikan pula penerangan saat membaca, karena cahaya yang redup bisa membuat Anda cepat lelah. Sebaliknya, cahaya yang terlalu terang juga membuat mata Anda tidak nyaman.

Ini nih perpustakaan mini versi MIC Publishing:

Processed with VSCOcam

Processed with VSCOcam

Processed with VSCOcam with f2 preset

Processed with VSCOcam

Sudah terpikir ingin membuat perpustakaan seperti apa?

~ Artikel ini sudah dibaca 14 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!