fbpx
May 30, 2018

Rutinitas Pagi Ini Akan Mengoptimalkan Fungsi Otak Anda

Smart Leaders, apakah Anda kesulitan fokus di tempat kerja? Anda tidak sendiri. Kita hidup di dunia penuh gangguan, menyulitkan kita berkonsentrasi dalam waktu yang lama. Namun, perubahan sederhana dalam rutinitas pagi Anda bisa meningkatkan fungsi kognitif Anda dengan pesat.

FastCompany.com menuliskan langkah-langkah yang bisa Anda lakukan setiap pagi yang baik untuk otak Anda.

Langkah 1: prioritaskan tidur cukup dan efektif

Tidur yang cukup dan efektif memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh dan otak Anda. Penelitian menunjukkan tidur yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otak selama enam hingga delapan jam semalam.

Langkah 2: perbanyak minum di pagi hari

Mulailah hari Anda dengan segelas besar air hangat dan perasan lemon, atau teh kunyit. Dua minuman ini akan meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Jika Anda membutuhkan kafein, buatlah kopi setelah meminum banyak air, karena kopi mengandung zat deuretik yang menguras air dari dalam tubuh Anda.

Langkah 3: lakukan peregangan

Peregangan mungkin terlihat seperti aktivitas yang tidak mungkin Anda lakukan di hari yang sibuk. Tetapi ini adalah cara terbaik untuk membangunkan otak dan otot Anda. Melakukan gerakan peregangan sejenak akan meningkatkan kandungan oksigen ke otak Anda, sehingga meningkatkan kinerjanya.

Langkah 4: lakukan meditasi selama dua belas menit

Meditasi bisa meningkatkan fokus dan fungsi eksekutif, pemikiran tingkat tinggi yang dibutuhkan untuk pemecahan masalah yang efektif dan fleksibel. Langkah ini mengurangi pemikiran negatif yang mengisap energi Anda, khususnya di pagi hari.

Langkah 5: sarapan dengan menu yang sama dalam waktu yang sama setiap hari

Energi yang berkelanjutan merupakan kunci performa mental. Sarapan akan membantu Anda mendapatkan energi yang dibutuhkan. Konsumsilah sarapan yang baik untuk otak seperti telur, alpukat, salmon, kacang, dan gandum utuh. Hindarilah kue kering, roti, dan sereal manis.

Memakan sarapan pada waktu yang sama setiap hari akan membantu mengendalikan ritme jantung dan pencernaan Anda, meningkatkan performa otak Anda.

Langkah 6: mulailah pekerjaan Anda dari hal tersulit

Pagi hari adalah saat energi otak Anda pada puncaknya. Maka mulailah jam kerja Anda dengan melakukan tugas tersulit terlebih dahulu, sehingga Anda bisa menyelesaikannya dengan hasil maksimal.

Smart Leaders, dengan memulai melakukan rutinitas ini, maka Anda membuat perubahan dalam hidup. Rutinitas pagi yang baik akan meningkatkan kinerja otak sehingga menjadikan Anda bisa memberikan hasil maksimal.

~ Artikel ini sudah dibaca 40 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!