fbpx
August 25, 2015

Seorang Pemimpin Harus Mendengarkan

Sering kali para pemimpin yang payah tidak bersedia mendengarkan. Peter Drucker, bapak manajemen Amerika, percaya bahwa enam puluh persen dari semua persoalan manajemen adalah akibat dari komunikasi yang tidak lancar. Menurut saya, sebagian besar, masalah komunikasi adalah akibat dari ketidakmampuan untuk mendengarkan.

Banyak suara di luaran sana berusaha merebut perhatian Anda. Sementara Anda merenungkan bagaimana caranya menjadi pendengar yang baik, ingatlah bahwa ada dua tujuan dalam mendengarkan: menjalin hubungan dengan orang lain dan belajar. Karena kedua alasan tersebut, Anda seharusnya membuka telinga terhadap orang-orang berikut ini:

  1. Para pengikut Anda.
    Para pemimpin yang baik, yang membuat orang lain ingin mengikutinya, melakukan lebih dari sekadar urusan bisnis ketika menjalin hubungan dengan para pengikutnya. Mereka meluangkan waktu untuk menyelami masing-masing pengikutnya.
  1. Pelanggan Anda.
    Ada pepatah yang berbunyi, “dengarkanlah bisikan-bisikannya, maka Anda tidak perlu mendengar teriakan-teriakannya.” Para pelanggan yang tidak puas selalu menjadi kepribadian kami. Mereka juga merupakan peluang besar Anda. Para pemimpin yang baik selalu memprioritaskan hubungan dengan orang-orang yang mereka layani.
  1. Pesaing Anda.
    Sebagai seorang pemimpin, jangan mengambil tindakan berdasarkan tindakan orang lain. Dengarkan dan sebisa mungkin temukan bagaimana Anda bisa mengembangkan diri.
  1. Pembimbing Anda.
    Tak ada pemimpin yang terlalu hebat atau terlalu berpengalaman sehingga tidak lagi membutuhkan pembimbing. Jika Anda belum memiliki pembimbing, carilah segera. Jika tidak dapat menemukan seseorang untuk membantu Anda secara pribadi, mulailah prosesnya dengan membaca buku The 21 Indispensable Qualities Of A Leader.

 

Temukan inspirasi lainnya untuk mengembangkan potensi kepemimpinan Anda dalam buku The 21 Indispensable Qualities Of A Leader karya John C. Maxwell

~ Artikel ini sudah dibaca 46 kali

Share yuk!

One thought on “Seorang Pemimpin Harus Mendengarkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!