fbpx
September 27, 2017

Simpel! Teknik Pernapasan Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri!

Smart Leaders,

Pernahkah Anda kehilangan rasa percaya diri? Apalagi menjelang berbicara di depan umum, rasanya seperti tak punya nyali atau keberanian diri mulai surut? Ditambah dengan banyaknya mata memandang, dan akibatnya yang dirasa hanya panik  dan cemas berlebihan.

Smart Leaders, untuk meningkatkan rasa percaya diri, kita harus melakukan sesuatu pada diri kita. Selain harus banyak berlatih dan mencoba mencari pengalaman dengan banyak tampil di depan umum, kita juga perlu melakukan latihan teknik pernapasan agar lebih mudah mengendalikan diri ketika berada di tempat umum. Bukan hanya pandai merangkai kata saja, Smart Leaders juga harus mengetahui teknik pernapasan mudah yang bisa Anda coba untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Apa saja sih tehnik pernapasan yang harus kita coba? Simak yuk!

Luxury Breathing

Artinya membuat perasaan lebih tenang. Luxury breathing ini bisa membuat Anda lebih tenang dan memiliki kekuatan untuk mengendalikan situasi. Rasa cemas dan deg-degan bisa perlahan lenyap dengan teknik pernapasan ini.

Nah berikut ini langkah-langkah mencoba teknih pernapasan Luxury Breathing:
1. Berdiri tegak, angkat tangan ke atas, regangkan jari-jari tangan sekuat mungkin.
2. Julurkan lidah dengan mulut yang terbuka lebar dan dagu ditarik ke bawah. Rasakan beban tubuh berada di telapak kaki.
3. Tarik napas sambil menarik tangan terus ke belakang, lalu hembuskan napas dan kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan ini dua sampai tiga kali untuk membuat diri merasa lebih tenang.

The Forceful Breath

Artinya mengatasi rasa takut dan cemas. Jika Smart Leaders merasa tertekan atau cemas dan takut? Coba lakukan teknik pernapasan ini untuk mengatasinya.

Langkahnya sangat mudah sekali, coba yuk!
1. Berdiri dalam posisi nyaman lalu tarik napas perlahan.
2. Embuskan napas cukup cepat dengan mengeluarkan suara bergumam, “Hmmm… ,” ulangi 2 sampai 3 kali.

Kalau Smart Leaders merasa super deg-degan untuk melakukan presentasi atau tampil di depan publik, coba tutup mulut dengan kedua tangan lalu lakukan teknik forceful breathing. “Ritual” ini bisa jadi salah satu cara efektif untuk mengatasi rasa takut dan cemas berlebih. 

Mudah sekali kan caranya? Cobain deh untuk membuktikan keampuhannya.

Sumber: vemale.com

~ Artikel ini sudah dibaca 45 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!