December 5, 2017

Stres Akhir Tahun? Jaga Kesehatan Anda dengan Cara Ini!

 

Akhir tahun adalah musim penuh tekanan. Walau ada banyak liburan, tapi laporan akhir tahun dan rencana tahun depan menunggu diselesaikan. Tekanan akhir tahun ini bisa membuat kesehatan Anda mengalami penurunan.

Namun, jangan khawatir. Anda bisa tetap sehat walau akhir tahun Anda penuh tekanan. Yang Anda perlukan menghadapi bulan sibuk ini adalah tidur, minum, olahraga dan makanan sehat. Hal ini akan membuat Anda bisa menghadapi tekanan dengan lebih baik.

Dilansir dari FastCompany.com, hal-hal berikut akan membuat Anda tetap sehat dan mampu menangani stres akhir tahun.

  1. Susun rencana

Hal sederhana tapi tepat: “perencanaan buruk akan mengakibatkan kebiasaan makan buruk dan tidak berolahraga.” Rencanakan jadwal hidup sehat Anda. Pada Minggu sore, Anda bisa menyusun rencana hidup sehat Anda. Misalkan, Anda merencanakan membuat camilan sehat seminggu tiga kali, ke pusat kebugaran dua kali seminggu, atau memasak makanan sehat di akhir pekan.

  1. Sering-sering makan.

Cara ini mungkin terlihat ganjil. Namun, Anda harus menjaga tingkat energi Anda selalu di batas aman. Anda perlu makan setidaknya setiap empat jam untuk menjaga kadar gula darah dan energi. Pekerjaan yang hectic membutuhkan energi yang banyak sehingga Anda bisa tetap fokus dan konsentrasi menyelesaikan target-target Anda.

  1. Bergerak!

Walau pekerjaan Anda banyak dan memaksa Anda lebih banyak duduk di belakang meja, tapi Anda harus terus bergerak. Anda bisa melakukan olahraga ringan di kantor, atau sesekali berjalan kaki. Anda juga bisa memilih menaiki tangga daripada memakai lift.

Menjadi aktif dan terus bergerak akan menjaga tingkatan energi Anda, menjauhkan rasa malas dan lamban.

  1. Hindari makanan instan.

Sering kali ketika Anda lapar dan hanya memiliki sedikit waktu, makanan instan akan sangat menggoda. Tidak hanya makanan instan, camilan-camilan tidak sehat seperti keripik, dan makanan dengan kadar gula tinggi akan mengisap energi Anda dengan cepat.

Makanan manis dan mengandung zat pati akan merusak mood. Jaga tingkat energi Anda tetap stabil dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan daripada makanan manis.

  1. Banyak minum air putih.

Air putih memiliki banyak manfaat. Namun, kita terkadang menunggu rasa haus datang baru kemudian minum. Terkadang, kita lebih memilih melepaskan rasa haus dengan minuman manis seperti es the atau sirup.

Minumlah air putih dengan rutih. Dehidrasi atau kekurangan cairan akan mengurangi konsentrasi, mengisap energi Anda, dan memberikan rasa lapar palsu. Infused water bisa jadi alternatif minuman Anda supaya tidak melulu minum air putih yang tawar.

  1. Hirup udara segar.

Kebanyakan orang tenggelam dalam pekerjaannya sehingga tidak menyediakan waktu istirahat untuk dirinya. Padahal, memberikan waktu lima menit menghirup udara segar akan mengurangi stres, menjernihkan pikiran, dan mengistirahatkan mata dari layar.

  1. Tidur berkualitas.

Mendapatkan tidur berkualitas merupakan hal penting dalam menjaga tubuh tetap sehat. Terkadang, walau jam tidur Anda berkurang, tapi jika berkualitas, maka kondisi tubuh Anda akan tetap terjaga. Untuk mendapatkan tidur berkualitas, lepaskan diri Anda dari gadget selama di rumah.

Tidur berkualitas akan membuat Anda bangun dalam kondisi lebih segar dan dengan mood lebih baik menghadapi hari.

Jangan biarkan tekanan akhir tahun membuat Anda melupakan menjaga kesehatan diri Anda. Kondisi tubuh yang fit akan membuat Anda bisa menyelesaikan target lebih cepat sehingga Anda bisa menikmati liburan akhir tahun lebih cepat.

Jangan biarkan stres mengurangi kebahagiaan Anda. Dapatkan tips mencapai kebahagiaan dengan membaca buku The Happiness Project.

 

~ Artikel ini sudah dibaca 2 kali

Share yuk!

One thought on “Stres Akhir Tahun? Jaga Kesehatan Anda dengan Cara Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!