fbpx
February 22, 2017

Susah Mengendalikan Emosi yang Memuncak? Yuk Ikuti Cara Mengatasinya

Smart Leaders,

Sebagai manusia biasa, tentu pernah merasakan emosi yang menggebu-gebu. Kemarahan yang melampaui batas dapat berakibat fatal. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat kemarahan, maka Anda perlu mengendalikannya.

Kita butuh rasa marah dalam kadar tertentu. Ketika melihat kejahatan terjadi, apalagi jika itu terjadi pada orang-orang terdekat, maka tentu kita menjadi marah dan geram. Tidak mungkin kita tersenyum bahagia melihat penderitaan mereka. Karena itu kita tidak mungkin bisa menghilangkan marah, yang kita bisa lakukan hanyalah mengontrol emosi. Tidak ada cara menghilangkan rasa marah, yang ada hanyalah cara untuk mengendalikan dan meredakan kemarahan.

Marah adalah emosi, dan emosi adalah energi, hukum energi mengatakan bahwa energi tidak dapat dimusnahkan tetapi hanya dapat diubah bentuk. Karena itulah kita tidak dapat menghilangkan marah, tetapi kita kontrol agar tidak merusak diri sendiri dan tidak menyakiti orang lain.

Saat sedang marah cobalah untuk mengatasinya dengan beberapa cara sederhana berikut yang telah mimin rangkum agar emosi Smart Leaders tak jadi berlebihan.

Meski melampiaskan amarah membuat perasaan Smart Leaders menjadi lega, berdiam diri sejenak adalah langkah awal yang bijak sebelum Anda menyelesaikan masalah yang membuat Anda marah. 

via google.com
via google.com

Langkah pertama yang paling bijak ketika Anda sedang marah adalah diam sejenak. Ketika diam, Anda berusaha menenangkan hati dan pikiran agar lebih jernih dan tidak sampai meluapkan emosi secara brutal. Sebagai tambahan sediakan air putih di samping Anda ya Smart Leaders, air putih ini sangat membantu Anda untuk menenangkan pikiran.

Melampiaskan amarah kepada orang lain seringkali membuat kita malah terjebak dengan masalah baru. Cobalah melarikan diri sejenak, menghibur diri dan melupakan kejadian yang terjadi sebelumnya.

via travelandleisure.com
via travelandleisure.com

Melarikan diri sejenak dari segala hiruk pikuk untuk menenangkan hati dan emosi Anda juga boleh dilakukan. Anda dapat mengunjungi tempat yang tenang dan indah, yang disukai serta merenung atau intropeksi diri. Jangan lupa untuk berdoa agar hati lebih tenang.

Banyak yang bilang orang marah itu diakibatkan oleh kekurangan tenaga, selain itu marah pun juga menghabiskan banyak tenaga. So Smart Leaders istirahatkan tubuh Anda.

via hipwee.com
via hipwee.com

Tubuh Anda juga perlu beristirahat. Bisa jadi penyebab emosi yang meluap adalah karena tubuh terasa lelah. Tubuh Anda bukan mesin atau robot, perhatikan waktu dan kualitas istirahat Anda.

Biasanya orang marah lebih identik dengan orang yang tertekan karena beban dan pikiran mereka menumpuk oleh berbagai hal atau masalah. Lebih baik siapkan waktu sejenak untuk mengistirahatkan pikiran Anda.

via fullhdpictures.com
via fullhdpictures.com

Selain tubuh, pikiran juga perlu diistirahatkan. Pikiran yang sesak dan kacau tidak akan membuat Anda mampu berpikir jernih dan sehat. Hal ini akan membuat emosi Anda juga ikut menjadi keruh.

Smart Leaders pasti tahu penyakit Hipertensi? Ya banyak yang percaya ciri-ciri orang yang suka marah berarti memiliki penyakit darah tinggi. Lebih baik perhatikan kesehatan Anda.

via mr-stingy.com
via mr-stingy.com

Jika Anda tidak kunjung menjadi lebih baik, bisa jadi kesehatan Anda juga ikut berpengaruh akibat sering marah. Perhatikan kesehatan Anda, cobalah berobat ke dokter jika diperlukan.

Jadi Smart Leaders, itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi rasa marah yang menimpa Smart Leaders. Dari sekarang belajar untuk lebih bersabar dan tahan amarah ya Smart Leaders.

 

~ Artikel ini sudah dibaca 28 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!