August 8, 2017

Susah Tidur Itu Berbahaya Loh, Atasi Dengan Cara-Cara Ini Yuk

Hai Smart Leaders,

Menurut beberapa penelitian di Negara-negara besar salah satunya Amerika, kurang tidur dapat memicu banyak bahaya untuk kesehatan. Mulai dari performa tubuh yang menurun, hingga berujung pada kematian.

Faktanya, saat ini banyak sekali pekerjaan yang menuntut kita untuk terjaga hingga malam hari bahkan menjelang pagi hari untuk menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan kita. Hal ini sangat berisiko Anda kekurangan tidur dan menyebabkan jadi susah tidur jika kebiasaan lembur ini sering kita lakukan setiap hari. Kalau sudah begini, sangat berakibat fatal pada kesehatan dan juga materi finansial kita.

Lalu bagaimana sih cara mengatasi susah tidur secara alami? Nah berikut ini sebagai bahan referensi untuk Smart Leaders, ada beberapa tips mengatasi insomnia alias susah tidur. Yuk, simak bersama-sama.

#1. Jauhi stres
Stres itu bisa sangat mematikan, tapi hal itu sangat jelas tak terlihat. Orang yang kelihatannya santai bisa saja menyimpan beban di pundaknya yang berujung stres. Dan salah satu gejala stres adalah tidak bisa tidur nyenyak.

Smart Leaders, kita hidup hanya sekali loh. Tak ada gunanya Anda bergumul dengan rasa stres. Bicarakan masalah dengan orang lain yang paling Anda percaya untuk dicari solusinya. Bukan malah menyimpannya sendiri, karena sewaktu-waktu bisa meledak dan hal ini malah tak baik bagi kesehatan Smart Leaders.

#2. Menonton film yang membosankan
Smart Leaders, saat ini bisa saja film yang membosankan itu sengaja dibuat untuk membantu kita yang susah tidur. Sebab, ketika menonton film yang membosankan, orang cenderung mudah untuk tertidur, hal ini karena kita merasa sangat bosan denga film yang tidak menarik itu. Buat saja folder berjudul “Film Pengantar Tidur” di hard drive. Begitu Anda mengalami susah tidur, langsung aja deh tonton salah satu filmnya sambil memeluk guling.

#3. Baca buku sebelum tidur
Smart Leaders, percaya atau tidak kenapa orang sukses sering membaca buku paling tidak 15 menit hingga satu jam sebelum tidur? Hal ini dikarenakan untuk membantu mereka tidur atau istirahat dengan mudah. Anda akan jadi mengantuk ketika membaca buku. Tetapi hal ini bukan karena bukunya tidak bagus ya. Namun, karena mata pasti lelah saat dipakai untuk membaca juga Anda akan merasa rilex. Pada saat itulah muncul dorongan untuk tidur nyenyak.

Itulah kenapa, beberapa orang punya kebiasaan baca buku sebelum tidur. Selain menambah pengetahuan, baca buku bermanfaat untuk orang-orang yang susah tidur dan membuat tubuh kita menjadi rilex sebelum tidur.

#4. Pasang musik yang rileks menjelang tidur
Cara satu ini cukup berhasil loh. Pasalnya dulu di zaman klasik, ada banyak orang yang masih menggunakan kotak music untuk pengantar tidur, Jika Smart Leaders tidak memiliki kotak music, coba pasang musik yang rileks untuk pengantar tidur di handphone Anda dan pasang mode berhenti setelah beberapa menit. Musik klasik bisa jadi pilihan, atau instrumental. Namun, jangan salah, ada juga orang yang malah bisa tidur saat mendengarkan musik metal atau bergenre beat. Semua bisa disesuaikan dengan selera saja.

#6. Ke terapis atau dokter
Bila susah tidur kronis, saatnya pergi ke terapis atau dokter. Misalnya, sudah mencoba berbagai macam cara tapi mata tetap susah diajak kompromi, segera cari “orang pintar”. Kebanyakan orang mungkin sering ada godaan memakai obat tidur. Namun, sebaiknya jangan sampai Anda. Pertama, keluar uang untuk barang yang belum tentu aman bagi kesehatan. Kedua, obat tidur yang Anda minum bisa menimbulkan ketagihan dan masuk dalam salah satu obat seperti psikotropika yang malah jadi bahaya buat tubuh Anda.

Sebaiknya, lebih baik Smart Leaders menemui dokter atau terapis dan ikuti nasihatnya agar tidak susah tidur lagi. Namun, pastikan dokter yang ditemui adalah yang berkualitas, bukan asal pilih ya.
Susah tidur sepertinya memang sepele, tapi ujungnya bisa membuat dompet berantakan. Segera atasi sedari dini agar rencana keuangan tak terganggu akibat masalah kesehatan.

Sumber: Liputan6.com

~ Artikel ini sudah dibaca 0 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!