January 12, 2018

Takut Dengan Apa yang Orang Lain Pikirkan? Lakukan Hal Ini

 

Smart Leaders, apakah Anda orang yang mudah terpengaruh dengan pikiran dan pendapat orang lain? Kita terkadang diganggu oleh pertanyaan “Apa yang akan orang lain pikirkan?”

“Jika saya mengatakan hal ini, apakah orang-orang akan membencinya sehingga menghancurkan karier saya?”

“Jika saya mengatakan kebenaran dan orang-orang tidak menyukainya, apakah akan menghalangi kesempatan yang akan datang?”

“Jika mereka tidak menyukainya, apakah saya akan mendapatkan kesempatan lagi?”

Tim Denning, kontributor pada Addicted2Success.com membagikan strateginya mengatasi ketakutan terhadap opini orang lain.

Bandingkan opini mereka dengan kematian Anda

Menurut Denning, ini adalah tips yang utama. Setiap kali Anda khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan, dan caranya memengaruhi kesuksesan Anda, ingatlah bahwa waktu Anda hidup hanya sebentar.

Membandingkan opini dengan kematian Anda adalah cara fantastis mengingatkan diri pada kenyataan. Kematian adalah motivator yang bagus yang akan membuat Anda bertindak dan tidak terperangkap dalam usaha memenangkan perang dengan opini orang lain.

Setiap hal yang Anda katakan akan segera dilupakan. Orang-orang akan sibuk dengan masalah mereka sendiri sehingga mereka tidak akan repot-repor mengingat kesalahan dan kekonyolan Anda. Jadi, mengapa harus repot-repot memikirkan opini orang lain?

Lebih baik gagal dalam mencoba sesuatu yang hebat daripada tidak tahu sama sekali karena takut.

Terpaku karena opini orang lain menghentikan Anda mencapai potensi puncak. Anda akan berakhir menerka-nerka diri sendiri dan tidak mengambil tindakan yang perlu karena takut akan apa yang orang lain pikirkan. Anda tidak bisa memasuki pikiran mereka dan mencuri pemikiran mereka, jadi Anda tidak akan pernah benar-benar tahu.

Mungkin orang lain menyukai hal-hal  yang Anda katakan, atau mungkin juga pemikiran mereka keliru. Anda tidak pernah tahu.

Kebesaran dicapai saat Anda menyampaikan pikiran Anda, mengambil tindakan yang rentan, otentik dan tidak ragu-ragu. Opini orang lain akan menahan Anda—dan itu tidak penting. Yang terpenting adalah opini dari diri sendiri.

Yang penting Anda mencoba

Tidak tertahan karena opini orang lain akan menyebabkan Anda berani mencoba melakukan hal-hal yang tidak biasa Anda lakukan. Berapa banyak kesuksesan yang Anda tinggalkan karena tertahan akibat opini orang lain? Mencoba akan memberikan Anda hal yang lebih banyak daripada tidak melakukan sama sekali.

Ingat kembali hal-hal yang orang hebat lakukan

Jika ketakutan terhadap opini publik menahan Anda, pikirkan hal-hal yang dilakukan oleh orang-orang hebat. Apakah Steve Jobs akan mengiyakan pendapat orang lain yang mengatakan ponselnya butuh lebih banyak tombol?

Jadi, jika orang-orang hebat tidak membiarkan opini orang lain menghentikan mereka, Anda juga tidak perlu berhenti.

Smart Leaders, Anda tidak perlu terlalu memerhatikan opini dan pikiran orang lain—apalagi jika hal tersebut sama sekali tidak membangun.

Temukan cara-cara memenangkan hati orang lain dengan membaca buku pengembangan diri karya John C. Maxwell yang berjudul 25 Ways to Win with People

~ Artikel ini sudah dibaca 3 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!