fbpx
March 24, 2017

Teknik Elevator Pitch, Singkat dan Menarik konsumen

Smart Leaders, pernahkan Anda mendengar istilah Elevator Pitch? Kira-kira istilah apakah itu? Apakah Anda akan berbicara dalam elevator? Bukan itu maksudnya, tetapi Elevator Pitch itu adalah sebuah istilah dalam bidang promosi. Strategi ini mengharuskan Anda mempromosikan bisnismu dalam waktu sesingkat mungkin.

Istilah ini diambil dari kondisi saat Anda berada di elevator (lift).  Filosofinya adalah keberadaan dan pertemuan  dengan orang lain pada alat tersebut tidak lama. Kalaupun ingin melakukan percakapan penting, tentu waktunya tidak banyak. Prinsip itu pula yang diterapkan dalam berbisnis. Intinya adalah karena durasi pertemuan dengan klien tidak panjang, maka manfaatkanlah sebaik-baiknya waktu itu untuk mempromosikan jasa atau produk. Nah, agar Anda bisa menguasai elevator pitch dalam waktu singkat, perhatikan langkah-langkah ini, ya!

  1. Kupas tuntas ide yang Anda miliki, alias brainstorming.

Apapun yang terlintar dalam pikiran seputar bisnis, segera catatlah. Nanti di akhirnya, Anda bisa merangkum isi dari seluruh kepala Anda tersebut menjadi sebuah rangkaian singkat dan jelas. Beberapa hal yang bisa membantu Smart Leaders untuk mencari inspirasi antara lain, jelaskan seputar bisnis Anda, apa perbedaan sekaligus keunggulan dibandingkan lainnya, dan prestasi apa yang telah Anda raih. Hindari berbicara fakta terlalu berbelit dan panjang, apalagi menggunakan angka rumit, karena waktu yang dimiliki hanya sebentar saja.

  1. Atur urutan pembicaraan Anda.

Jika Anda berbicara secara random alias tidak berurutan, meskipun mencakup semuanya, pendengar tentu akan bingung mendengarnya dan bisa jadi tidak masuk akal bagi mereka. Ada baiknya Anda memulai dengan pembuka, kemudian jelaskan latar belakang atau tujuan Anda, kemudian jelaskan apa maksud Anda atau apa yang hendak dijual, dan berikan pertanyaan kepada pendengar Smart Leaders untuk membuat dia turut berkomunikasi.

  1. Carilah satu kalimat pembuka yang ngena banget!

Pembuka, baik itu dalam sebuah pembicaraan ataupun tulisan, memang bisa menentukan segalanya. Jika pembukaan saja sudah membuat orang lain tidak tertarik, maka kecil kemungkinan dia benar-benar mendengarkan apa yang sedang Anda bicarakan. Jadi, persiapkan kalimat pembukaan Anda dengan sangat matang, ya!

  1. Tulislah skrip yang hendak Anda bicarakan.

Agar semua ide-ide dan apa yang ingin Anda utarakan tercakup dengan baik dan sesuai dengan urutan, menulis skrip ini juga termasuk ide yang sangat bagus, lho! Jadi Anda bisa meninjau ulang apakah skrip tersebut sudah bagus atau tidak.

  1. Latihan hingga gaya bicaramu lancar namun tetap natural.

Terakhir, jangan sekadar menulis skrip dan menghapalkan saja, namun latihlah cara, nada sekaligus ekspresi Anda dalam berbicara di kaca. Minta bantuan keluarga ataupun teman untuk menilai apakah Anda sudah baik atau belum. Ingat, meskipun lancar jangan terlihat seperti menghapal, pastikan tetap natural seperti obrolan biasa, ya!

Teknik elevator pitch ini sangat berguna untuk membantu Smart Leaders memperkenalkan bisnis dengan singkat kepada target market jelas. Perlu Anda ingat, tak semua orang memiliki waktu sehari untuk mengetahui dan mendengarkan celotehan bisnis Anda. Jadi, Andalah yang wajib beradaptasi melalui elevator pitch ini, oke?

Sumber : idntimes

~ Artikel ini sudah dibaca 123 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!