Tidak Hanya Menahan Kantuk, Minuman Ini Bermanfaat untuk Tubuh

Kopi merupakan minuman beraroma yang menemani pagi sebagian besar orang (via blog.pand.co)
Kopi merupakan minuman beraroma yang menemani pagi sebagian besar orang (via blog.pand.co)

Smart Leaders, Anda tentu tidak asing dengan minuman kopi. Minuman beraroma wangi ini menemani pagi sebagian besar orang. Tidak hanya pagi, minum kopi juga aktivitas yang bisa dilakukan pada sore bahkan malam hari.

Kafe dan warung yang spesialis menyajikan minuman berbahan kopi makin menjamur. Hampir di setiap kota pasti ada warung kopi atau kafe. Kopi bahkan tidak lagi hanya disajikan begitu saja, sekedar diseduh dengan air panas lalu ditambahkan gula atau susu. Minuman kopi telah berkembang menjadi banyak jenis sajian.

Kopi tidak hanya sekedar menjadi minuman pendamping sarapan atau obrolan menjelang malam bersama rekan sejawat. Minuman dengan rasa pahit yang khas ini mempunyai segudang manfaat bagi tubuh.

Manfaat kopi untuk kesehatan

  1. Meningkatkan stamina dan penghilang rasa sakit

Di dalam sel otak terdapat senyawa yang bernama Adenosin. Senyawa ini menyebabkan seseorang cepat tertidur. Kandungan kafein dalam kopi membalikkan kerja adenosine sehingga tubuh tetap segar, tekanan darah naik, dan menimbulkan energi yang ekstra.

Dalam dosis yang rendah, kandungan kafein dalam darah bisa berfungsi sebagai pereda rasa sakit. Jika Anda mengalami sakit kepala ringan, mengkonsumsi secangkir kopi bisa meredakan rasa nyeri tersebut.

  1. Mencegah kanker

Kopi hitam, terutama kopi yang diolah secara manual, memiliki kandungan anti okdisdan yang tinggi. Zat ini menekan resiko gejala kanker dalam tubuh. Mengonsumsi kopi secara rutin akan mengurangi resiko kanker mulut dan usus hingga 25%.

  1. Mengurangi resiko Alzheimer dan Demensia

Journal of American Medical Associaton menerbitkan hasil penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi kopi bisa mengurangi resiko terkena penyakit yang disebabkan oleh degradasi fungsi syaraf seperti Parkinson, Alzheimer dan Demensia.

Mengonsumsi kopi bisa mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer dan Demensia (via hbo.com)
Mengonsumsi kopi bisa mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer dan Demensia (via hbo.com)

Manfaat kopi untuk kecantikan

  1. Masker wajah

Masker wajah berbahan dasar kopi mempunyai manfaat untuk menghilangkan kantong ta, mengencangkan kulit wajah dan mengangkat sel kulit mati. Menambahkan minyak zaitun sebagai campuran masker bisa mengatasi radikal bebas yang menyebabkan kanker, dan mencegah penuaan dini

  1. Perawatan kulit kepala

Jika pertumbuhan rambut Anda lambat atau mengalami kerontokan, gunakanlah kopi untuk menyuburkan rambut. Setelah menggunakan shampo, bilaslah rambut dengan air seduhan kopi, diamkan beberapa menit dan cuci dengan air bersih. Kandungan kafein dalam kopi bisa merangsang pertumbuhan akar rambut.

  1. Perawatan kulit tubuh

Ampas kopi bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati pada tubuh. Anda bisa memanfaatkannya sebagai scrub ketika mandi. Kulit Anda akan terlihat cerah dan lebih sehat. Selain itu scrub berbahan kopi juga dipercaya mampu mengurangi selulit pada kulit.

tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, kopi juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan kecantikan (via cambon.id)
tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, kopi juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan kecantikan (via cambon.id)

Konsumsi kopi yang dianjurkan adalah maksimal 5 cangkir per hari. Konsumsi kopi yang dianjurkan adalah kopi hitam, tanpa penambahan gula atau kreamer. Selain mengubah rasa, penambahan zat lain pada kopi mengurangi khasiat yang dikandungnya.

Jika Anda rutin mengonsumsi kopi, jangan lupa untuk banyak minum air putih, karena kopi mengandung zat diuretik yang meningkatkan produksi air seni. Selain itu Anda yang mempunyai penyakit maag dan pencernaan tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kopi.

Jadi, mulailah hari Anda dengan secangkir kopi dan seulas senyum ceria. Have a nice day.

dikutip dan disarikan dari :manfaat.co dan sikeke.com

Artikel ini sudah dibaca 14 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *