fbpx
April 25, 2018

Tindakan untuk Menjadi Pribadi Berintegritas

Smart Leaders, kebutuhan akan integritas di masa kini mungkin sama besarnya dengan kebutuhan di masa lalu. Setiap orang yang ingin menjadi pribadi berpengaruh harus memiliki integritas. Integritas sangat diperlukan jika Anda ingin meraih kesuksesan bisnis dan pribadi.

Integritas ibarat fondasi rumah di tengah ganasnya terpaan badai. Jika fondasinya kuat, rumah itu akan bertahan dari banjir bandang. Akan tetapi, ketika ada retakan pada fondasi itu, serangan badai akan memperdalam retakannya hingga fondasi tersebut—dan seluruh rumah—akhirnya roboh.

John C. Maxwell menuliskan beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk menjadi pribadi yang berintegritas.

  1. Berkomitmenlah untuk bersikap jujur, dapat dipercaya, dan sanggup menjaga rahasia

Integritas berawal dari keputusan yang spesifik dan disengaja. Jika Anda menunggu datangnya kemelut, baru kemudian membenahi integritas, Anda menyiapkan diri untuk gagal. Hari ini, ambillah keputusan untuk hidup dengan kode moral yang ketat, dan tetapkan hati untuk berpegang padanya, apa pun yang terjadi.

  1. Putuskan di awal bahwa integritas Anda bukan untuk dijual

Beberapa orang dapat dibeli karena mereka belum membereskan pandangan mereka tentang uang saat godaan datang menerpa. Cara terbaik menjaga diri Anda agar tidak melanggar integritas adalah dengan memutuskan hari ini untuk tidak menjual integritas Anda: tidak demi kekuasaan, balas dendam, kesombongan, atau uang.

Perkara-perkara kecil dapat membentuk atau menghancurkan kita. Jika Anda melanggar batas nilai Anda—baik satu senti maupun satu kilometer—tetap saja Anda berada di luar batas. Kejujuran adalah kebiasaan yang tertanam makin dalam jika Anda selalu melakukan hal benar, hari demi hari, minggu demi minggu, dan tahun demi tahun. Dengan terus melakukan apa yang benar dalam perkara-perkara kecil, Anda tidak akan kehilangan arah secara moral maupun etis.

  1. Setiap hari, lakukan apa yang harus Anda lakukan sebelum apa yang ingin Anda lakukan

Bagian besar dari integritas adalah menindaklanjuti tanggung jawab Anda secara konsisten. Zig Ziglar mengatakan, “Ketika Anda melakukan hal yang harus Anda lakukan saat Anda harus melakukannya, maka akan datang saatnya Anda melakukan hal yang ingin Anda lakukan saat Anda ingin melakukannya. Terkadang hal yang harus Anda lakukan, adalah hal yang tidak ingin Anda lakukan. Akan tetapi, Anda harus tetap melakukannya, untuk menunjukkan integritas Anda.

Orang yang tidak berintegritas sering terjebak dalam keinginannya sendiri dan harapan orang lain yang berubah-ubah. Orang yang berintegritas bisa memengaruhi orang lain dan membuat hidup mereka menjadi lebih bernilai dengan cara yang luar biasa.

Temukan rahasia menanamkan pengaruh positif dalam hidup orang lain dengan membaca buku pengembangan tim berjudul Becoming a Person of Influence dari John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 37 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!