fbpx
March 28, 2016

Tipe Pembaca Buku Seperti Apakah Anda?

Membaca buku adalah kebiasaan yang baik. Membaca buku bagi sebagian orang adalah kegiatan yang mengasyikan. Bahkan kegiatan membaca ini menjadikan seseorang menjadi gila membaca dan membeli buku.

Nah, buat Anda yang hobi membaca buku, sadar atau tidak kalau sebenarnya tipe baca buku kita dengan orang lain itu berbeda-beda. Berikut ini MIC Publishing akan share tentang 5 tipe pembaca buku. Simak yuk, kira-kira tipe karakter yang mana yang dimiliki Smart Leaders …

 

The Fast Reader

life is short read fast

Smart Leaders, pembaca buku dengan tipe ini dapat menyelesaikan bacaannya dengan cepat. Bahkan, menjadikan membaca sebagai prioritas utama dalam aktivitasnya sehari-hari. Setelah selesai membaca satu buku, dia akan segera beralih ke buku lainnya. Sepertinya tipe ini sangat cenderung mengalami phobia Bibliobibuli lho Smart Leader.

Mungkin motto hidup seorang pemilik tipe The Fast Reader seperti ini: “Hidup ini singkat, manfaatkan waktu yang singkat dengan sebaik-baiknya untuk membaca sebanyak-banyaknya.” Wah!

 

The Slow Reader

cropped-Slow-Reading-Club-Hero

Smart Leaders, pemiliki tipe ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan bacaannya. Ada dua faktor yang memengaruhi tipe pembaca lambat ini. Pertama, mereka membaca dengan amat cermat. Menganalisis detail-detail cerita, mencatat quote-quote bagus yang mereka temukan di dalam buku, dan sebagainya.

Faktor yang kedua, yaitu mereka membaca hanya karena mood saja. Baru baca satu bab, sudah mengantuk. Akhirnya, baca bukunya satu jam, tidurnya dua jam. Tipe ini sanat sering dimiliki oleh anak-anak sekolah zaman sekarang. Wah guys sempatkan waktu luangmu untuk membaca buku yuk, kapan lagi kalau bukan sekarang?

 

The Know it All

hermione

Guys, tipe ini merupakan gabungan dari kedua tipe sebelumnya. Tipe ini dapat menyelesaikan bacaannya dengan kecepatan tinggi, tetapi juga sangat cermat menganalisis ceritanya sampai ke detail terkecil. Ia juga akan menulis review dari buku yang telah di baca dengan runtut. Kalau diajak diskusi tentang buku yang pernah dibacanya, tipe pembaca satu ini sangat tahu segalanya. Hebat kan? Mungkin tipe ini yang sangat cocok dibilang Kutu Buku yang sangat Keren bukan kuper atau norak.

 

The Emotional Reader

4b

Nahh Smart Leaders… ini nih, tipe pembaca yang dalam bahasa gaul zaman sekarang disebut “baper-an”. Ada cerita yang mengharukan sedikit, ia ikut berurai air mata. Ada cerita yang lucu gokil, ia ikut tertawa. Melihat si tokoh utama menderita, ia ingin hadir ke dalam cerita untuk ikut menyembuhkan luka. ia juga akan ikut terharu setiap kali membaca adegan yang menyentuh hatinya.

Tipe ini sangat menikmati setiap alur dalam buku yang dibacanya dan mampu mengekspresikannya dengan baik. Tipe pembaca yang seperti ini justru yang paling menikmati bacaannya. Bahkan, ketika dia sudah menyukai satu buku, ia tak enggan untuk membaca ulang buku tersebut sampai bosan.

 

The Compulsive Book Buying Disorder

tanda 5

Smart Leaders, masih ingat dengan phobia yang namanya Bibliomaniac? Phobia yan satu ini sangat erat dengan tipe pembaca The Compulsive Book Buying Disorder. Tipe ini koleksi bukunya sangat banyak … sampai-sampai rak bukunya hampir runtuh dan tak cukup karena kebanyakan muatan. Kalau ke toko buku, atau buku yang dijual online, ia selalu semangat untuk memborong buku-buku. Apalagi lihat covernya yang bagus, kisah yang sangat inspiratif, dan teman-temannya sering membicarakan buku tersebut.

Tipe ini memang selalu maniac kalau melihat buku. Tapi… jangan tanya apakah buku-buku koleksinya yang banyak itu sudah dibaca semua atau belum. Hehe… yang penting beli buku dulu, bacanya nanti saja kalau mood. Hayaah! Dipastikan orang dengan tipe ini terkena phobia Bibliomaniac.

 

Nah, dari 5 tipe pembaca buku yang udah di share, Anda termasuk yang mana Smart Leaders…? Atau, malah punya tipe sendiri? Jadi, tipe pembaca buku seperti apakah Anda? Yuk,share ke bareng pada kolom komentar di bawah ini yaa dan jangan lupa share juga keseluruh akun sosmed Anda, supaya makin banyak yang membaca makin banyak yang tau bagaimana tipe membaca tiap orang.

~ Artikel ini sudah dibaca 148 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!