fbpx
March 24, 2015

[TIPS] Menjadi Pemimpin Hebat dengan Bertanya

John C. Maxwell, pakar kepemimpinan, penulis buku laris, dan pembicara internasional, memiliki program mentoring saat makan siang yang ia sebut dengan Lunch & Learn. Ia biasanya menanti-nantikan janji makan siang sambil belajar saban bulan dengan orang-orang yang mengajarinya.

Ketika bertemu, John C. Maxwell datang berbekal banyak pertanyaan. Banyak yang sifatnya spesifik, tergantung lawan bicara. Namun ada beberapa pertanyaan yang ia lontarkan pada semua orang. Mungkin sebaiknya Anda pun menggunakannya:

  • Apa pelajaran terbesar yang pernah Anda pelajari? Dengan menanyakan ini, saya menggali kearifan mereka.
  • Apa yang sedang Anda pelajari saat ini? Pertanyaan ini memungkinkan saya menuai manfaat dari passion atau hasrat mereka.
  • Bagaimana kegagalan membentuk Anda? Pertanyaan ini menolong saya mengenal sikap mereka.
  • Apakah Anda mengenal orang yang perlu saya kenal? Ini memungkinkan saya mengakses jaringan mereka.
  • Buku apa yang pernah Anda baca dan wajib saya baca? Pertanyaan ini mengarahkan pertumbuhan pribadi saya.
  • Apa yang pernah Anda lakukan dan wajib saya lakukan? Ini menolong saya menemukan pengalaman-pengalaman baru.
  • Bagaimana saya bisa menambahkan nilai pada Anda? Ini menunjukkan rasa terima kasih dan keinginan saya untuk menambahkan nilai pada mereka.

Meski banyak di antara kita berusaha tampil cerdas dengan memberi jawaban cerdas, akan jauh lebih baik bila kita berfokus untuk bertanya. Dengan mengajukan pertanyaan yang baik pada orang yang tepat, kita akan merasakan manfaat yang besar. Jangan lupa: pertanyaan yang baik membuat kita tahu, pertanyaan yang hebat mengubah kita!

Tak ada pemimpin yang tahu segalanya, menjadi pakar dalam semua bidang, atau mengerjakan segala sesuatunya. Anda mungkin tidak selalu tahu jawabannya, tapi dengan menanyakannya saja, Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

 

Temukan inspirasi selengkapnya tentang menjadi pemimpin hebat dengan bertanya, dalam buku Good Leaders Ask Great Questions karya John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 66 kali

Share yuk!
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!