fbpx
May 25, 2015

[TIPS] Sukses Memimpin Diri Sendiri

Memimpin diri sendiri adalah dasar yang memungkinkan segala jenis kepemimpinan terjadi. Dalam buku  The 5 Level Leadership, level terendah dalam memimpin yaitu Posisi. Orang pada level itu biasanya memanfaatkan jabatan dan wewenang agar orang lain mau mengikuti mereka. Bahkan level kepemimpinan terendah pun, jika ingin tetap teguh, harus dibangun di atas fondasi solid MEMIMPIN DIRI SENDIRI.

Salah satu alasan sulit kita memimpin diri sendiri adalah karena kita punya titik-titik buta yang menghambat kita melihat masalah dan kekurangan kita. Apakah titik buta itu? Titik buta adalah area-area di mana kita terus gagal memandang diri dan situasi kita dengan realitas.

Cara mengatasi titik buta:

1. Asumsikan Anda memiliki titik buta. Jika Anda yakin tidak merasa memilikinya, justru itulah titik buta Anda!

2. Mintalah orang yang paling mengenal Anda untuk mengenali titik buta Anda. Jika mereka jujur, mereka akan memberitahu hal yang luput dari pantuan Anda.

3. Asumsikan titik buta itu tak bisa Anda atasi sendirian. Semua orang butuh ditolong untuk melihat dan mengatasi titik buta. Jangan pikir Anda bisa mengatasinya sendirian.

4. Diskusikan titik buta itu dengan lingkaran inti Anda. terbukalah dengan orang-orang yang menyayangi dan ingin menolong Anda.

5. Kembangkan dan mampukan tim untuk menutupi titik buta Anda.

Agar sukses memimpin diri sendiri, kenalilah titik buta Anda dan tangani dengan efektif.

Baik Anda seorang pimpinan di puncak atau seorang pemula yang ingin memimpin, Good Leaders Ask Great Questions  hadir untuk Anda. Buku ini akan mengubah cara Anda memandang pertanyaan dan mengembangkan kepemimpinan Anda.

~ Artikel ini sudah dibaca 20 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!