October 11, 2017

Walau Tidak Menyenangkan, Melakukan 10 Hal Ini Akan Memberikan Hasil Selamanya

Smart Leaders, otak kita bekerja dengan cara yang sedikit aneh. Otak akan sulit bekerja kecuali setelah menerima tekanan dan ketidaknyamanan. Faktanya, kita di puncak performa saat kita berada di luar zona nyaman. Jika Anda terlena di zona nyaman, maka Anda cenderung tidak bertindak, dan jika Anda terlalu jauh dari zona nyaman, Anda akan hancur karena stres.

Performa puncak dan ketidaknyamanan berjalan beriringan. Melangkah keluar zona nyaman membuat Anda lebih baik, tapi tidak harus berubah drastis dan ekstrim. Dr. Travis Bradberry, penulis rekan Emotional Intelligence 2.0 dan presiden TalentSmart, menuliskan di halaman linkedIn-nya sepuluh hal yang walau tidak nyaman, akan memberikan hasil kepada Anda selamanya.

Bangun pagi. Kecuali Anda telah terbiasa, bangun lebih pagi dari biasanya akan membawa Anda keluar dari zona nyaman. Bangun lebih pagi membantu Anda membangun pikiran, mempersiapkan diri Anda secara mental untuk hari yang akan datang. Hal ini juga memberikan Anda kesempatan berolahraga dan sarapan sehat, yang akan memberikan keuntungan kesehatan.

Mencapai tujuan “mustahil”. Hanya ada sedikit kegembiraan yang bisa menyamai pencapaian sesuatu yang Anda pikir tidak mungkin. Pencapaian ini berada jauh di luar zona nyaman Anda sehingga mereka terlihat tidak mungkin. Setiap pencapaian ini membayar setiap usaha dan perjuangan yang lakukan sebelumnya.

Meditasi. Sangat mudah tersangkut di dalam zona nyaman Anda saat Anda sangat sibuk dan tidak cukup melambat untuk benar-benar berpikir tentang hal yang Anda lakukan dan alasannya. Meditasi adalah satu cara yang baik untuk memecah siklus ini dan baik untuk otak Anda.

Fokus pada satu hal satu waktu. Berfokus pada satu tugas memiliki risiko yang besar—risiko gagal pada satu hal yang Anda curahkan semua kepadanya. Itulah alasannya menjadi tidak nyaman. Namun, multitasking adalah pembunuh produktivitas. Penelitian yang dilakukan Standford University menyatakan melakukan banyak hal dalam satu waktu malah kurang produktif daripada yang melakukan satu tugas saja. Ketika melakukan dua atau tiga hal sekaligus, otak Anda kehilangan kemampuan melakukan semua hal dengan sukses.

Menjadi relawan. Jika setiap orang menjadi sukarelawan untuk kegiatan yang bermanfaat untuk orang lain, pasti akan sangat baik. Namun, di balik itu kita harus menyisihkan waktu dan menetapkan prioritias. Hal ini akan sangat tidak nyaman, Anda bisa memilih menghabiskan waktu untuk memanjakan diri sendiri. Akan tetapi, pengalaman menjadi relawan akan memberikan rasa baik di dalam diri sekaligus mengembangkan jaringan Anda.

Melatih public speakin. Banyak sekali orang yang takut berbicara di depan khalayak ramai. Di Amerika Serikat, 74% penduduknya mengalami ketakutan berbicara di depan umum. Itu adalah tantangan, namun layak dilakukan. Menjadi pembicara lebih baik akan menjadi pendongkrak karier Anda.

Berbicara dengan orang yang tidak Anda kenal. Kecuali Anda adalah extrovert ekstrim atau politisi, berbicara dengan orang yang tidak dikenal akan membuat Anda tidak nyaman. Interaksi sosial bagus untuk emosi Anda, mengembangkan jaringan, menyebarkan ide baru, dan meningkatkan kepercayaan diri.

Menahan diri berkomentar. Memang rasanya baik untuk menyampaikan komentar kepada orang lain dan membiarkan mereka tahu apa yang Anda pikirkan, tapi rasa baik itu hanya sementara. Tahanlah diri Anda untuk langsung berkomentar atau berpendapat, lakukan pada waktu yang tepat. Melakukan hal ini akan memperbaiki hubungan Anda dengan orang lain, yang akan bermanfaat untuk jangka panjang.

Berkata tidak. Semakin sulit Anda berkata tidak, maka kemungkinan Anda mengalami stres akan semakin tinggi. Berkata tidak pada komitmen yang baru menunjukkan Anda menghormati komitmen yang sebelumnya dan memberikan Anda kesempatan menyelesaikan dengan sukses.

Berhenti menunda-nunda. Perubahan itu berat, begitu juga pengembangan diri. Ketika hal semakin berat, akan mudah untuk meletakkannya, lalu mengerjakannya besok. Masalahnya adalah, hari esok tidak pernah datang. Berkata Anda akan melakukannya besok berarti apakah Anda tidak terlalu ingin melakukannya atau Anda ingin hasil tanpa kerja keras. Lakukan sekarang, jangan ditunda-tunda. Walaupun hal itu tidak selalu nyaman, tapi tidak menunda-nunda akan mengurangi kemungkinan Anda mengalami stres.

Sepuluh hal ini walau tidak nyaman Anda lakukan, akan memberikan hasil yang mengarahkan Anda kepada kesuksesan.

~ Artikel ini sudah dibaca 6 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!