fbpx
February 26, 2016

Wow, Inilah Beberapa Anak Indonesia yang Mengukir Prestasi Di Usia Muda

Siapa sih yang ngga mau jadi pengusaha? Yang banyak uang, punya bisnis, mandiri secara finansial? Ternyata itu semua bukanlah hal mustahil didapat saat usia muda.

Buktinya anak muda Indonesia ini BISA membuktikannya lewat prestasinya. Ternyata dibalik pemberitaan hancurnya anak muda di Indonesia, masih banyak kok yang bisa berprestasi mengharumkan.

Ini dia pengusaha muda asli Indonesia yang udah berprestasi, dalam arti dapat penghargaan dan Awards dari beberapa institusi dan telah diundang dimana mana. Berprestasi itu bukan hanya di sekolah loh, ternyata di bisnis juga bisa seperti mereka ini blush

1) Hafiza Elfira

1) Hafiza Elfira

Hafiza Elfira, wanita cantik ini adalah seorang Mahasiswi Universitas Indonesia yang kini berusia 22 tahun.

Wanita muda ini boleh dibilang penuh dengan inovasi cerdas dalam berbisnis, bagaimana tidak, dia mampu memberdayakan ibu-ibu penderita kusta di Sitanala di bawah naungan Nalacity Foundation. Bisa dikatakan pengusaha wanita muda ini adalah seorang Socialpreneur. Yaitu Entrepreneur yang memiliki dampak positif dalam bidang sosial.

Hafiza sukses membekali ibu-ibu penderita kusta dengan ilmu menjahit manik-manik pada jilbab. Tak dinyanan, ternyata hasil karya jilbab manik-manik para ibu-ibu penderita kusta itu mempunyai nilai jual yang tinggi dan laris di pasaran.

Alhasil, Hafiza bersama Nalacity Foundation mampu meraup omzet ratusan juta per bulannnya dari penjualan jilbab manik-manik.

Hafiza pun mendapatkan penghargaan sebagai 10 Pengusaha Muda Sukses versi Yukbisnis.com

2) Yasa Singgih

yasa

Never too young to become a billionaire! Inilah prinsip hidup Yasa, anak muda yang lahir dengan nama lengkap Yasa Paramita Singgih pada tanggal 23 April 1995 di Kota Bekasi. Terlahir di keluarga yang biasa-biasa saja, membuat Yasa memutuskan untuk hidup mandiri dengan berbisnis.

Sejak berusia 15 tahun ia sudah mulai mencari uang sendiri dengan menjadi MC di berbagai acara Sweet 17 & musik. Di usia yang sama ia juga mulai berjualan lampu hias secara online, namun tak lama kemudian usaha lampu hiasnya tutup lantaran supplier tidak dapat memberikan barang lagi.

Alhasil pada usia 16 tahun Yasa banting setir ke usaha fashion. Sempat beberapa kali gagal di beberapa bisnis dan diremehkan banyak orang, akhirnya dia berhasil membangun brand fashion dengan nama Mens Republic.

Dua tahun berhasil mengembangkan brand Men’s Republic ia pun berhasil meraih beberapa impiannya. Perjalanan bisnis nya tidak semulus banyak orang kira, ia pernah mengalami rugi ratusan juta rupiah dalam berbisnis, mulai dari bisnis kuliner, EO, dll pernah menjadi pelajaran berharga untuknya.

When you stop learning, you stop growing. Keep FIGHT!

Di usianya yang baru 18 tahun ia sudah mendapatkan beberapa penghargaan dari berbagai komunitas seperti:

  • 10 Pengusaha Muda Sukses versi YukBisnis.com
  • 5 Entrepreneur Muda Tergila versi Lintas.Me
  • 5 Wirausaha Muda Sukses versi SenengMedia.com
  • Narasumber Kementerian Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia

3) Nicholas Kurniawan

nicholas

Nicholas Kurniawan, lahir di keluarga sederhana dan biasa biasa saja tidak menutup kemungkinan bagi seorang Nicholas Kurniawan untuk menjadi seorang Entrepreneur.

Di usianya yang masih belia kini ia berhasil menjadi Exportir Ikan Hias Termuda di Indonesia yang bermula dari KASKUS.

Masa kecil Nicholas tidak begitu baik, kondisi ekonomi keluarganya terpuruk membuat keluarganya harus berhutang ke kiri dan kanan. Bahkan tidak jarang kedua orang tuanya bertengkar dirumah akibat masalah finansial.

Kini di usianya yang baru 20 tahun, ia berhasil menjadi exportir ikan hias termuda di Indonesia dan kini sedang merambah di bisnis properti yang sedang dijalani bersama rekan rekannya. Kini omzet bisnis Nicholas Kurniawan dalam sebulan dapat mencapai angka lebih dari 100 juta rupiah!

Prestasi Nicholas Kurniawan

  • 2nd Winner of HIPMI New Entrepreneur Awards
  • Favourite Winner Internal Prasetiya Mulya Marketing Research Project
  • 1st Winner of UGM National Business Case Competition
  • 1 st Winner of Internal Prasetiya Mulya Business Plan Competition

“My biggest strength is my honesty and loyalty. I will never faked a report or lie about any information related to my work. I also will always try to work faster and produce more then other. Lastly, I am someone that is persistent and will never give up on the task that is given to me, and will try to make a breakthrough from time to time.”-Nicholas Kurniawan

 

Dari kisah diatas, ada beberapa hal yang bisa disimpulkan. Berikut ini kesimpulannya:

  1. Jangan pernah takut memulai bisnis sedari muda sekalipun. 3 anak muda diatas telah membuktikan bahwa usia bukanlah penghalang dalam berbisnis dan bisa sukses.
  2. Berusaha mandiri secara finansial dan jangan takut untuk bertanggung jawab atas diri kita sendiri. Jangan mau hidup bergantung sama orang lain terus.
  3. Berani mengambil resiko dalam bisnis, karena resiko yang akan membawa kita pada kesuksesan. Harus siap menerima tantangan dan masalah masalah dalam bisnis
  4. Berkumpul dengan para pengusaha sukses apabila mau menjadi pengusaha sukses. Kalau sering ketemu pengusaha sukses, otomatis kita bakal ketularan sukses seperti mereka juga.
  5. Memiliki impian dan visi yang besar ke depan. Harus punya tujuan dalam bisnis kira kira 1 tahun ke depan, 2 tahun ke depan mau seperti apa bisnisnya nanti.
  6. Jangan gengsi memulai segala sesuatunya dari kecil sekalipun. Namun kita harus gengsi apabila hidup kita masih terus bergantung sama orang tua.

Jangan menyesal dengan bangkrut, gagal, penipuan dalam bisnis. Karena semua pengusaha sukses pernah mengalaminya gan. Jadi kalau bangkrut ya harus dihadapi dan dijalani. Dari bangkrut kita bisa belajar banyak hal. Nah bagaimana dengan anak-anak muda masa kini? ada yang mau mengikuti jejak mereka?

~ Artikel ini sudah dibaca 165 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!